WELCOME TO OUR LITTLE KITCHEN....

Hi Friends...
Feel free to try my all Recipes from our Kitchen,just go to another site,Multiply "Me,My Family and Our Life Story".
If you have any problem or question,just send me Personal Message or Email..I will be happy to Reply and Answer your Question..

All the foods here the results of my small kitchen or homemade by Me ...
For the cake or Cookies, this is the first time I've made, the results did not disappoint, crisp and very tender..Alhamdulillah...And it's not difficult, believe me ...

I have three small children still need attention, can make it...which is important to try But,if you will share my Recipes to any body..

Please put my Name or link original Recipes.
Thanks and Happy cooking


********************************************************************************************************************************************************************************************************
********************************************************************************************************************************************************************************************************

SALAM KENAL DARI KAMI ...
Silahkan mampir dan silahkan di lihat-lihat Resep dari dapur kami,jika tidak menemukan Resep terbaru disini,silahkan lihat di Blog kami yang satu lagi
"Me,My Family and Our Life Story".
Smoga isi Blog ini bermamfa'at buat Semuanya dan Isi yang ada disini Tidak untuk di perjual belikan,apalagi ada yang memamfa'atkan dengan seenak jidad tampa memikirkan karya orang lain dan mau mengambil jalan pintas dengan meng Copy Paste Resep dan Gambarnya untuk di Bukukan dan dijual di Pasaran.

Jika Kalian menggunakan Resep yang ada disini,Tolong cantumkan Sumber Asalnya...
Karna Terus Terang Resep yang ada disini kebanyakan Resep Asal yang menyesuaikan selera lidah Keluarga dan resep dari turun temurun dari Keluarga,walaupun ada Resep hasil ngegoogle atau Nyontek punya orang lain,itupun sudah di Modification sesuai Selera cita Rasa lidah Yeni Murty's family.

Jadi...
Buat yang penggemar
MALING GAMBAR,Tolong izin terlebih dahulu dengan si Pemiliknya,My Email Adress : yenimurty@yahoo.com
Ma'af Aku tulis begitu,karna Sudah terjadi ada yang menyalah gunaan Photo Resepku tampa sepengetahuanku.

Selamat Mencoba,smoga bermamfa'at dan berkesan.
Salam dari kami.
Yeni Murty's Family

COPYRIGHT
ca
Creative Commons License
All Photographs and Original Recipes by Yeni Family's Kitchen is licensed under a Creative Commons Attribution 2.5 Canada License.
Permissions beyond the scope of this license may be available at yenimurty@yahoo.com.

Tuesday, October 21, 2008

Mohon Sharingnya ( Cara Menyapih)

Hanya sekedar ingin mintak berbagi Pengalaman dari Teman Semua,Soalnya  tak terasa kemaren (191008)  Genap sudah Jagoan kecil kami berumur Satu Tahun setengah,tak terasa waktu begitu cepat berlalu dan Alhamdulillah Aku masih memberinya ASI sampai hari.

Dan yang ingin aku Tanyakan dan mohon Sharing dari Teman Semua,Aku tuh kepengen banget memberi ASI ke Hafiz sampai dia ber Umur 2 Tahun lebih seperti aku Lakukan dengan Tasya sampai 2 tahun 3 Bulan gitu.
Tapi sekarang ini sepertinya ngga mungkin,karna ada sedikit Masalah dengan Saya,
Mohon Do'anya  ya smoga semuanya baik-baik saja.

Jadi,Kami memutuskan untuk Menyapih Hafiz,sebenarnya berat untuk Saya lakukan,karna mengingat Kakaknya sampai Dua tahun lebih,itu pun masih susah buat Saya menyapihnya.
Nahh..sekarang apalagi buat Hafiz yang masih terlalu kecil buat saya,sepertinya sepenuhnya masih membutuhkan ASI dari saya,apalagi makannya males dan banyak ngga maunya ketimbang maunya.

Saya mau tanya ke Teman Semua..
Gimana cara menyapih anak seumur gitu,sedangkan dia males makan dan Minum susu Botol pun susah.

Dan gimana Caranya agar Anak suka Makan dan Minum Susu Botol..??
Di Tunggu sharing dari teman Semua..

152 comments:

eka ekawidiyati said...

mbak...anak saya yang pertama (bella) sampai 2 th 1 bulan baru mau disapih. Dalam kurun waktu itu sama sekali tidak mau susu formula kalau saya coba mesti buang. Saya memberinya dengan berbagai cara tetep tidak mau. Nah kebetulan ada tetangga baru yang seumuran bella trus anak baru tersebut khan ngedot...lama kelaman ko bella minta susu diminum dibotol...dan jeleknya keterusan sampai kelas 6 SD, sekarang bella kelas 1 smp.....
moga2 bermanfaat ya mbak...

eka ekawidiyati said...

mbak...anak saya yang pertama (bella) sampai 2 th 1 bulan baru mau disapih. Dalam kurun waktu itu sama sekali tidak mau susu formula kalau saya coba mesti buang. Saya memberinya dengan berbagai cara tetep tidak mau. Nah kebetulan ada tetangga baru yang seumuran bella trus anak baru tersebut khan ngedot...lama kelaman ko bella minta susu diminum dibotol...dan jeleknya keterusan sampai kelas 6 SD, sekarang bella kelas 1 smp.....
moga2 bermanfaat ya mbak...

Keluarga Renaldo said...

Aduuh maaf say aku nggak bisa bantu soalnya anakku yang Calvin dari umur 4 bulan langsung campur susu botol brandon juga gitu... maaf yah say... kenapa say... semoga semuanya baik-baik saja yaaa... sehat selalu... Hugs... :-)

yusy sriwindawati said...

Dooooh....kasian juga yah Yen...tapi dicoba aza terus.mudah2an bisa berhasil...

Hastuti Kusindriani Kurniadi said...

jangan langsung dilepas say, kalo bisa sih bertahap biar dia gak terlalu kaget dan lebih siap untuk lepas nenen

kobeh aza said...

wah kalo ada masalah di yeni, mungkin yah yang terbaik itu ya yen beralih dr asi..walo kita tau semua asi is the best for our baby...tapi aku belum masuk sampai umur hafiz..sabrina masih dibawah hafiz...belum ada pengalamannya...sorry yah yen..temen2 lain nih banyak yang tau..

Betty Brownfield said...

Hmmmm, pertama2...mungkin don't feel guilty yach.
Kalo aku terus terang aja cuma kasih Jack ASI sampe J umur 5 bulan saja. Karena waktu itu aku abis operasi gigi sama dokter ga boleh kasih ASI dulu karena hrs minum obat, beberapa hari kemudian ASI berkurang dan berhenti deh nyusuin J.

Mungkin cara nypihnya bertahap ya....jadi ga kaget banget, sekali kali diselingin susu botol gitu...

eka ekawidiyati said...

Anak saya yang kedua (Helmi) kasusnya hampir sama dengan mbak yeni, umur 14 harus saya hentikan karena ada sesuatu dengan asi saya yang gak mo keluar lagi. Padahal waktu itu makannya susah dan gak mau minum susu formula samasekali. Akirnya helmi hanya mau makan makanan yang disukai seperti tahu isi..oh iya waktu itu helmi sangat suka lemper isi ayam dan tahu isi. Jadi setiap hari buat kue yang saya kira2 cukup protein dan karbonya. Untuk susu formula saya berikan dengan disendok...tapi ya tetap saya coba dengan botol, akirnya mau juga.
Semoga cepet2 menemukan jalan keluar ya..mbak..

bella mia said...

MBA' MHON DIRI......G'DA IDE NIYY...COZ BLM PNGALAMAN,,HEHEHHE

renny pangestu said...

tiap anak2 beda2 sih say .... ada yang gampang banget nyapih nya ... ada yg syusaaah banget . aku aja anak tiga ... begitu ...beda2 ...waktu Laras agak susah ... Ifal guampang banget ... karena memang dah suka susu Formula sejak usia 2 bulan ...dan yg paling kecil ( Dhani ) susah susah gampang ):D .
Waktu nyapih Dhani ... kemaren pas pulkam di bantu ama ibu juga ada asisten yang telaten nyuapin makan ... dan pas waktu mau tidur ...dipisah ama emaknya( Dhani tidur ama neneknya ).
Trus ... untuk langsung ngasih susu Formula juga .. gak langsung banyak dan anaknya juga gak langsung mau ... bertahap say ... pelan2 dan dikit2 tapi sering ... begitu juga untuk makan ... kita kasih dia camilan atau jajanan yg dia suka ...apa aja yg penting dia mau makan . Dirimu khan pinter masak say ... aku yakin Hafiz pasti suka dengan masakan mamanya. Coba terus ... kasih makan ... jangan menyerah ... nti lama2 juga ...dia pasti mau! keep try OK. sun sayang buat Hafiz ya ... you are good boy!

Alice Poth-Soselisa said...

maaf mba yeni alice ngga bisa kasih saran...karena samara dari bayi lahir udah minum susu botol.. sedihh deh gwwww:((.

Ani Keenan said...

Kalo aku dulunya langsung aku lepas soalnya kalo bertahap malah susah buat anak kita juga susah buat aku ngelepaasnya

Carla Robinson said...

Aduhhhh sorry yah yen aku ngga bisasharing kali ini, abis dua2nya ngga aku kasih ASI, abis 2 minggu aja udah kering dengan sendirinya, good luck yah ...........

Deby F said...

casenya sm spt saya, anak gw yg kecil 20 bln ngga mau minum susu pake botol dan makannyapun susah, sampe skrg dia masih netek, padahal air susunya kdg2 ngga cukup. jadi aku kasih susu biasa (bkn susu formula) dan juga cereal, aku suapin biarpun dia ngga mau, mmg mesti sabar sih. untungnya dia mau makan cookies dan yoghurt.

julia sari said...

Insya Allah bisa Mbak Yen..
di atas dah banyak saran yg bagus2.. terus mencoba ya Bu..

Yeni Yulinda said...

Nahh itu masalahnya mba Eka,disiini susah nyari anak tetangga yang sebaya ama hafiz..

Yeni Yulinda said...

it;s oxe deb,mudah2an nanti ada saran teman yg lain,makasih ya say.

Yeni Yulinda said...

makasih yuk,iya ini lagi dicoba terus.

Yeni Yulinda said...

Iya say udah dicoba gitu,tapi kayaknya susah..
kalo aku ngga kasih dia nangis,ngga tega liatnya.

Yeni Yulinda said...

iya Ry,aku tuh maunya sampai dia 2 tahun lebih sih,ASI nya juga banyak..
tapi iya itu.

Yeni Yulinda said...

Iya bet,kayaknya emang mesti bertahap..
tapi aku tuh orangnya ngga tega,kalo dia mintak kapan aja aku kasih.

Yeni Yulinda said...

Ohh gitu ya mba eka,wahhh saran yg ini mungkin bisa aku ikutan dech..
makasih ya.

Yeni Yulinda said...

It's oxe bella..
mudah2an nanti ada saran teman yg lain.

Yeni Yulinda said...

Benar say,dulu tasya masuk gampang2 susah..
tapi dulu Tasya udah lumayan besar ya,tapi buat hafiz ini masih terlalu kecil kayaknya,

Hafiz mau dipisah ama siapa say tidurnya,hehhehe.
Iya say aku udah coba kasih susu dikit2 dan makanan juga apa yg dia mau aku biarin aja dia makan,tapi itu kumat2an dan kadang mau kadang ngga,malah banyak ngga maunya.
Duhh gimana ya.

Yeni Yulinda said...

Ngga papa lice,makasih ya.

Yeni Yulinda said...

wahhh gimana caranya Ci,langsung lepas gitu.

Vera Delina said...

wah gk ada pengalaman mba Yen,..maaf yah,Ais dulu usia 6 bln udah susu botol..tp skrg udh berhenti botol sejak usia 1,5 thn..minum dari gelas..^_^

Semoga masalah mba Yen bisa terselesaikan dgn baik yah.

Eva Haryati said...

wah yeni selamat ya... hehehe sok tau gini... btw semoga sukses nyapihnya

tenny edison said...

Anak saya dua2nya nyapih sendiri, Faisal 8 bln, Nabil 1 tahun lebih, mungkin karena udah diseling susu bubuk, rasanya lebih manis dan nyedotnya lebih gampang. Sebenarnya kalo dua tahun itu masalah kebiasaan, malah lebih banyak ngempengnya dari nyusu beneran, kalo bisa langsung di gelas aja, beli gelas balita yang lucu2 gak usah dibilang susu, kalo habis makan suruh minum dari situ, contoh bisa oleh Tasya, semoga berhasil

xanty dwi putri said...

kalo sasha dulu disapih juga susah (2th 1 bulan berenti asi), pertama nyoba kasih teh plus gula (ga terlalu manis) di botol lama2 masukin susu biasa bubuk plus teh. Baru deh susu full (gak pake teh lagi) trus baru aku kenali ama susu formula. Kalo bisa minta testernya ja dulu, nyobain ke anaknya suka gak, atau ada efek, gak abis lumayan lama juga nemu susu formula yang cocok untuk anak.

renny pangestu said...

sama Papanya aja dulu .... kamarnya dipisah ... pokoknya harus tega deh! Dhani juga aku sapih usia 1 1/2 tahun ...

kalo banyak ngak mau nya .... bertahan ... terus kasih ... dan jangan menyerah .... , pi kalo dah cape , yo wis .. kita cuek-in aja ... lama2 juga dia merasa Laper dan haus ... inget kalo pas haus ... kasih susu formula ....paling gak teh manis ... biasanya anak2 suka tuh ama teh manis . Coba terus ya say ...

tenny edison said...

oy mbak yen, susu formula disini kan tidak terlalu top kayak di Indonesia, biasanya udah satu tahu disaranin dokternya minum susu murni biasa aja

May Hickman said...

Mmmmmm...kalo Jerri mah dari bayi aku selang seling kasih ASI & formula juga.
tp Jerri nga nenen, aku pake alat pompa sewa dirumah sakit and taruh di botol dot.
krn waktu itu Jerri lahir stay dirumah sakit 2 minggu.
Setelah 3 minggu 10 hari, Jerri udah nga aku kasih ASI.

Minum susu formula sampe usia 1 taon setelah itu minum WHole milk.
tp pake cups krn dia tdk suka pake botol dot.

Beli botol dot yg unik, so pasti Hafiz senang liatnya n minum pake botol hehe.
moga semuanya bisa di atasi n Yeni baik2 aza Amin.

Yeni Yulinda said...

benar mba tenny,udah itu baunya ngga enak bangettt..
Hafiz ini kita coba kasih Susu yg kita orang gede minum.

Mira Assjarif said...

Kacian Mbak. Jangan dikasi dot tar keterusan kayak Rifa mpe 3thn masi bawa dot kemana-mana. Langsung ajarin pake training cup aja.

Yeni Yulinda said...

wualahhhhh dikau mah emang raja tega euyy,aku tuh kasian say kalo ngeliat dia nangis,contohnya gini aku ngga kasihkan dan karna liat dia nangis terus terpaksa aku kasih,tau ngga nagisnya itu ampe lama say dan kayaknya marah banget dia ama gw.

renny pangestu said...

he...he..., iya sih kadang timbul rasa gak tega aaa ... tapi mau gimana lagi ... bisa2 kita deh di siasatin ... waktu Dhani ... Asi aku (sorry ) aku kasih Procol / obat flu yang pait ... karena kebetulan dia lagi flu ... aku balurin ke asi ... pas dia mau mimik kerasa pait khan ??? dah gitu dia nya gak mau ... terus begitu setiap dia mau asi ... asinya aku kasih obat yg pait... ....lama2 dia gak mau lagi .... *sorry ya Mbak ... ini share pengalaman aku aja!

Tina Amalia said...

semoga ada yg segera bisa membantu ya sayang... :D

Lina W said...

say...cari alternatif lain selain susu, spt keju gitu, mungkin potong kecil2, biar dia jadi snack. ato bisa juga kasih yogurt buat anak2, kan ada rasa macem2. emang kadang anak umur segitu itu susah makannya, asal berat badannya dalam tahap normal (keliatannya Hafiz dalam range yg normal), ga usah terlalu kuatir. emang kalsium penting buat anak2. sesekali bisa dikasih treat susu coklat.

lenny marlina said...

cobanya kayaknya mesti pelan2 mbak yen...susu botol dicoba aja terus..biarpun pertama2 dia nolak...mudah2an lama2 nanti dia terbiasa..
Good luck ya mbak...

asri wahyuningsih said...

aku bagi cerita vicky aja ya mbak...aku sapih dia itu telat banget....hampir 3 tahun gitu hehe....
dia nggak mau minum susu dan susah makan juga....
tapi setelah 3 hari dilepas,perlahan lahan dia mau minum susu biasa dan mulai mau makan...
Mungkin dalam kasus hafiz agak lain kali ya,soalnya dia lebih kecil ....tapi kalau memang ada masalah sama mbak yeni....ya disapih aja...aku caranya puting susu tak kasih plester hehe aku bilang mimiknya sakit...dia kasihan liat mamanya sakit malah nggak mau minum hehe...

Ibu disini, sayang said...

ikutan nimbrung ya Yen
sori ga bantu byk soale anak2 gw brenti ASI dibwh 1 taun.

Rachel Hutami said...

Hari2 pertama emang rada susah Yen...
setelah beberapa hari pasti mau kok...

Nurut aku lebih baik disapih sekarang, karena tambah gede tambah susah lho...
Lagian setelah usia 1 taon manfaat ASI dibandingkan susu sapi biasa hampir gak ada bedanya...
Mungkin bisa langsung pake sippy cup minum susunya....

Untuk masalah susah makan... Hafiz suka nya makan apa? Chicken nuggets ato potongan hot dog gitu suka gak? biasanya anak kecil doyan model2 gituan...

Kalo kamu masih kuatir masalah gizi, coba minta vitamin cair dari doctor...

Caroline Atmadja said...

Yeni kamu hamil lagi ya....... hihihihi si lina pingin tau.com
Jaman Felis dan Gabriel, semua ngga mau dengan sendirinya sih. Coba kamu kasi susunya di gelas yang lucu, pake sedotan, sudah bisa nyedot belum ya ? Kasi susunya sedikit2 aja tapi sering.

kakiuchi indahfajarfawati said...

aku setiap nyapi pulang kampung say...dan ternyata anakku dua duanya gak suka susu botol
tapi setelah disapi makanya malah lahap ,pengalamanku sih sejenis crispy cereal aku kasih susu cair biasa anak anak malah suka loh ..

R r said...

tiap anak beda say...tapi sebaiknya kalo nyapih pelan2.....di mixed sampe air susu elo berenti sendiri, ntar kalo dah gak ada susunya si baby juga akhirnya pindah ke susu botol yg susunya lebih lancar hehehe....good luck!

hamil lagi? :):):)

Yeni Yulinda said...

benar say,setiap anak itu emang beda2 ya..
tapi kalo mau nunggu ASI gw abis,kapan abisnya say,sementara aku ada masalah.

Huahahha,asal nih maknya spence..

Hylmi Lateef said...

dugaan yang sama dari aku mba .... mba yeni hamil lagi ya? .. hihihi (Selamat ya kalau iya)
dulu, aku juga terpaksa nyapih hylmi (usia setahun 11bulan) karena hylmi susah makan dan p*t*ngku luka luka karena gigitan hylmi, sebenernya dah sering sih luka, tapi waktu itu dah ngga tahan banget, karena terlalu sering, jadi perih dan lukanya jadi membesar (aku sampe nangis kalau dia minum ASI.
waktu itu, aku langsung stop ngga pake bertahap lagi. Asal sedia permen yang ada gagangnya, atau makanan kecil yang dia suka atau yogurt. begitu dia nangis minta ASI kita kasih makanan2 itu. ngga lama ko mba, cuma sehari setengah trus dia ngga minta ASI lagi. Hanya selama sehari setengah itu harus digendong terus sampe tidurpun harus gendong, karena pas ditaruh hylmi pasti terbangun.

Semoga ada cara yang lebih mudah ya mba ....

ida tahmidah said...

kalo saya..... dikasih kopi he...he...he... selain jadi jijik...pait rasanya :D
Alhamdulillah pada cepet tuh proses nyapihnya....
kalo udah disapih biasanya makannya jadi lahap

Yeni Yulinda said...

Ini nih juga satu asal tebak,huahahhaha..
hafiz lum bisa nyedot say itu masalahnya,kita udah coba sekarang kasih susu dikit,tapi masih banyak ngga maunya.

Yeni Yulinda said...

Huahahhaa..kok nebak kesana seh,kalo nebaknya gw mau kerja atau sekolah gimana,hehhehe..
Tapi usia hafiz nih masih kecil banget say kayaknya,mana dia tuh ngomong lum bisa benar jadi bingung apa maunya.

Aku udah coba say kalo dia mintak aku kasih susu botol atau makanan,tapi dia ngga mau..
dia bilang No..

Yeni Yulinda said...

ngga papa say,mudah2an nanti ada saran teman yg lain.

Yeni Yulinda said...

kalo aku Susunya / ASI nya alhamdulillah banyak say,malah kadang netes2 sebelahnya kalo satu dimimikin hafiz,tapi itu masalahanya ada sedikit problem ama aku.

Yeni Yulinda said...

makasih li..

Yeni Yulinda said...

Makasih ve,mudah2an nanti ada saran2 dari teman yg lain.

Yeni Yulinda said...

Huhuhuuuuu..Eva ,asli sok tau,hihihi/..

Yeni Yulinda said...

Kalo hafiz ngga bisa diboongin mbak,dia tau mana susu,air putih dan jus.
makanya bingung,mana tasya juga males makan,hehhehe..
Gimana mau ngasih contoh adeknya.

Yeni Yulinda said...

tapi kalo seumur gtu say pengalaman saya ngga gitu susah,soalnya tasya dulu aku sapih umur 2 tahun 3 bln,alhamdulillah langsung total ngga tak kasih ASI lagi,mungkin karna dia udah ngerti dan makanan juga udah bisa milih maunya apa.

Semua susu udah aku coba dan gitu juga makanan,tapi masih ngga mau say..

nazla luthfiah said...

ada apa mbak? *mau tauuu ajah*

kayanya ada semacam obat gitu ditaruh di puting. tapi apa ya, namanya. lupa lagi

Yeni Yulinda said...

nahhh kalo dari bayai udah dikenalin suss formula enak say,mereka udah kenal dilidahnya..
kalo hafiz ini bukan ngga dikenalin,tapi emang dianya ngga mau karna baunya.
Sekarang dia juga kita kasih susu homo yg kita minum tiap pagi say,sedikit2 sih dan itu juga dia ngga mau.

Yeni Yulinda said...

iya kayaknya emnag langsung dikasih cup nih hafiz,tapi disini kalo pakai Cup gitu ngga ada plastik covernya gitu say,yg sekali pakai langsung buang.
soalnya kadang bau sih botol atau cup gitu,kalo pakai cover gitu enak,langsung dibuang.

Fitriyah Tamim said...

Maaf nih mbak,aku ga' bisa bantu.Karna anakku dari lahir sengaja di perkenalkan botol,jadi ASInya jarang dimimi,padahal sampai kebuang-buang.Soalnya mau aku tinggal ke sini,saat umur 3 bulan.

Yuni Storey said...

caraku dgn Gradually (dalam sebulan/4minggu)..( salah satu cara dipake org di UK)....dgn Chloe aku kasih ampe umur 13 bulan dan dalam sebulan aku sapih kasih susu Formula dan juga ASI misalnya minggu pertama ( full ASI), Minggu ke dua (2x ASI, 1x Formula) , Minggu ke-3 ( 1x ASI, 2 Formula) dan minggu terakhir Full formula...

dan aku ngak pake botol (anti sekali dan kebetulan Chloe ngak mau) jd langsung pake beaker...kalau ngak salah minum susus pake beaker ampe 2.5 taon terus ampe skrg pake gelas pake straw...

dgn Chiara sama 13 bulan, saya sapih gradually krn menurutku cara yg paling gampang dan ngak bikin susu kita sakit...

Chiara ngak pake beaker sama sekali krn liat kakak Chloe pake cup dan straw, Chiara juga mau sama...jd alhamdulillah...dua2nya gampang...

Yuni cuma bisa ampe 13 bulan krn sdh ngak banyak air susunya...

Soal makan, anakku nga susah tapi juga makannya ngak banyak..ya ch normal dech... yg penting semuanya green veggie mrk pd doyan banget....Broccoli rebus aja dihantam ama Chiara...

Goodluck yach yen... emang ngak gampang dan setiap anak2 beda... tapi jgn takut setiap masalah ada jalan keluarnya apapun itu...

Ranita Rara said...

mba yen ma'af nggak bisa bantu,belum ada pengalaman soalnya..))

Body Language said...

Yen, aku ngga bisa kasih komen habis belum ada pengalaman, tapi aku berharap saran dari teman-temanmu itu bisa memberikan jalan keluar yang terbaik dan aku harap Hafiz lambat laun bisa mengerti kalau kamu tidak bisa lagi memberikan ASI kepadanya dikarenakan suatu hal..Muuuach..:)

Sefa Firdaus said...

aku bantu doa aja ya Mbak, biar urusan menyapihnya lancar.. soalnya belum pengalaman :)

F&H's Mom said...

wah blm pengalaman say, sorry gag bisa bantu.

Julia Larsson said...

Kalo dari pengalamanku Yen, menyapihnya pelan2... dari asi penuh pagi siang malam, terus cuma pagi dan malam, tapi siangnya diganti botol/cup, terus hanya malam saja baru habis itu total krn si kecil memang masih mau asi walaupun umurnya sudah 2 thn.
Mudah2an membantu ya... good luck!!

Detty Koswara said...

kalo saya pernah baca di sebuah buku jika batin ibu belum bisa ngelepas baby dari ASI nya ya alias gak tega maka si anak akan mengikuti perasaan ibunya mba yen...,ini pernah terjadi pengalamannya sama saya...waktu itu saya mau nyapih anak saya yang no 3 usianya baru 11/2 thn saya udah masuk ke program menyapih dia gak tau kenapa kok susah banget nih anak dari ke 4 anakku yang lain..aku di tanya ama suami hati kecil ibu tega gak kalo anak kita di sapih,aku jawab belum sih...,nah mungkin dia susah untuk ngelepas dari ibu karna batin ibunya juga belum siap ngelepas itu kata suamiku lagi...jadi aku mempersiapkan diri untuk siap nyapih dia mba...,jadi dia mau nagis kaya apa juga kita dah siap untuk ngelupain dia pengen mimi ASI ngajak main sambil kasih makan atau minum susu formula alhamdulillah cuma 5 hari dia gak rewel lagituh mba...,apa yang di katakan suami itu saya baca bukunya memang benar mba yen..

ada kejadian lucu mba yen..waktu aku nyapih anakku yang keadaan belum siap..ceritanya putingku(maaf) dikasih jamu tuh tapi gak mempan pernah juga di kasih minyak kayu putih tetep di hisap yang waktu itu aku lagi tidur pulas hehehe alias kecolongan..

semoga membantu mba yen ini sekedar pengalamanku aja karna setiap anak itu berbeda2 ya..semoga mba yen sabar menghadapi hafiz yang siklus pertama akan rewel banget..sun sayang buat hafiz...mudah2an sukses nyapihnya ya mba...

ida berglund said...

ikut mendoakan semoga lancar ya yen, dan kuat..emang ngak gampang sech, sedih dan menyayat hati melihat anak pengen nenen, tp ngak bisa..

*P*H*I*P*H*I* ~_^ said...

Hmm maaf say ngga bisa ngasi masukan...krn anak ku dua-duanya ngga pake di sapih Yen..begitu berhenti ASI langsung mau pake botol sih, no probs at all, Alhamdulillaah.
Kalo ngga suka makan, mungkin susunya yg di kurangin jatahnya sehingga dia waktu laper mau makan selain susu. Kalo anak-2ku dulu, setelah 1 th, susunya hanya 3 kali sehari (pagi, sore & malem).
Coba baca bukunya Dr. Spock deh..hehe..it has a thorough guide about babies...
http://www.amazon.com/Dr-Spocks-Baby-Child-Care/dp/0743476670

Good luck ya say...hope all's well in the end..

ienas Tsuroiya said...

anakku dua2nya gak pakai susu botol Yen...begitu disapih langsung minum susu dari gelas (gelas khusus ya, yg ada lubang kecilnya di ujung itu). Soalnya banyak yg bilang,kalau anak terbiasa dengan botol susu, ntar ngelepasnya juga susah...

ratna azmiwinata said...

Waktu Chika dulu, aku pakein minyak tawon dadaku, jadi pas dia cium dadaku ada bau minyak tawon, kabur deh gak jadi minum ASI.
Lanjut pake susu botol malah cuma 2 kali aja, kebetulan Chika lebih senang minum langsung pake gelas. Sebenarnya lebih mudah kalo dia minum pake gelas, jadi setiap sebelum aku selalu kasih air putih supaya gak ada sisa susu di sela-sela giginya.
Ok say, semoga sukses acara menyapihnya ya....

renis niken said...

dicoba kalo pagi bangun tidur dikasih susu botol mbak..biasanya kalo pagi kan laper tuh..mudah2an berhasil ya...:)

W Palwono said...

selamat menyapih deh, aku juga lagi mencoba menyapih nih. kayaknya semua saran2 diatas udah okeh2 tuh yen..pelajaran buat aku juga...

Yenni Hartati Svensson said...

http://peyank.wordpress.com/2008/08/02/tips-evektif-untuk-menyapih/ coba baca disini mbak.. mungkin membantu

wida ariesi said...

waduh yen,mungkin ga bisa bantu banyak ...yg jelas dari dirimu sendiri dulu..Harus bener2 sudah Siap untuk menyapih *harus tega*. Soalnya kadang aku percaya,bahwa apa yg dirasakan ibu akan berpengaruh juga ama bayi. Klo dirimu masi ga yakin/ragu2 yo hafiz nya akan ga semangat.
dan sepertinya ga usah pake dot deh yen, disendoki aja ato gelas. klo pake dot nanti jadi tergantung juga ama botol dot. pelan-pelan yen yg sabar ya...

Tita Garbin said...

wadoh aku ga tau yen.. waktu aku nyapih stella aku ke indonesia karena nyokap meninggal jadi emang harus nyapiin waktu itu stella baru 8 bulan

Naila ^_^ said...

Mbak Yeni, memang anjuran Al-Quran utk menyusui anak hingga umur 2 tahun itu kini terbukti yang paling baik. Kalau memang nggak memungkinkan menyusui, apa masih bisa diperas (pake alat) terus disimpan di botol buat si kecil, jadi tetap mendapatkan manfaat terbaik dari ASI ?

Fee 70 said...

" pengentau.com " kenapa sech say...semoga baik2 aja yach ma km.
Btw aku kasih ASI Max hanya 9 bulan juga bis itu minum susu botol.
Maap say nggak bs ksh saran caranya nyapih....

Yeni Yulinda said...

iya say itu dia ngga tega,sama say aku waktu Tasya dulu tak kasih kunyit bubuk yg diberi air sedikit.
tasyakan jijikan,terus pas mimiknya dilihat gitu,dia jadi ngga mau.

Yeni Yulinda said...

maksih teh.

Yeni Yulinda said...

kalo keju dimakan gitu aja dia kurang suka say,tapi kalo dimasukin diroti atau pizzza di mau.
kalo yogurt dia suka,BB nya sih lumayan normal.
Tapi itu karna di bantu ASI say,sedangkan sekarangkan aku mau sapih dia.

Yeni Yulinda said...

iya len,ini kita coba dikit2 kasih susu biasa,makasih ya.

Yeni Yulinda said...

iya say kalo kasus vicky hampir sama ama tasya,soalnya udah mulai bisa ngerti dan ngomong,jadi kita enak apa yg di mau mereka,.
kalo hafizkan masih terlalu kecil buat saya,mana ngomong aja belum jelas.

Yeni Yulinda said...

ngga papa lin..

Yeni Yulinda said...

iya mba asli susah banget nih nyapih hafiz sekarang,semakin aku coba dan semakin ngeliat dia nangis,semakin timbul juga rasa ngga tegaku.
Hafiz ini payah sih say,makanan itu ngga ada yg dia suka2 banget gitu,pokoknya angin2an aja,makanya susah ngasih dia makan.
Dia makan itu cuman dikit2,tapi ngga juga sering.

Kalo masalh vitamin,di sini susah say mintak2 gituan dari Dokter,orang sakit aja kalo belum mau mati disuruh pulang tampa obat,D

Yeni Yulinda said...

lho kok bisa pas mudik say,lebih enak ya soalnya mereka banyak bermain gitu..
iya mungkin cereal gitu aku mau coba,aku lum pernah coba kasih hafiz.

Yeni Yulinda said...

kopi boleh juga tuh idenya,aku dulu waktu tasya tak kasih kunyit bubuk.

Yeni Yulinda said...

ngga ada apa-apa sih,cuman pengen nyapih aja.

Yeni Yulinda said...

ngga apa-apa..

Yeni Yulinda said...

makasih yuni tipnya,ntar gw coba ikutin ya..

Yeni Yulinda said...

ngga apa-apa ra.

Yeni Yulinda said...

it's oxe darling,lum pengalaman ya.

Yeni Yulinda said...

makasih sefa.

Yeni Yulinda said...

ngga papa..

Yeni Yulinda said...

kalo aku tuh susah say mau gitu,soalnya kalo dia udah nangis pasti larinya ke aku dan mintak mimik,terkecuali ada papahnya dan main dimall,baru dech dia bisa lupa ama mimiknya.

Yeni Yulinda said...

benarrrr say apa yg kamu tulis,dari hati kecilku memang belum siap dan masih berat untuk ngelepasin ASI..
alasannya karna buat saya,hafiz masih trlalu kecil dan sepenuhnya masih membutuhkan makanan dari saya,tapi karan sesuatu hal makanya aku mau nyapih dia.
Tapi jujur hati kecilku belum siap dan ngga tega.

mitta isyanna said...

saya blm pengalaman sih mba yen, ini juga lagi mau nyapih *numpang ngintip tips2nya hehehehe.........*
Sekarang lagi dicoba lepas ASI bertahap..... Kalau siang diusahakan minum susu formula.., tapi karna Ghais cuma mau susu cair yang rasa buah2an, ya diikuti aja... kan ghais udah 2tahun n ga ada problem pencernaan.... Tapi yang susah ya kalau malam, karna saya refleks kasih mimi tiap dia gelisah....hehehe...

temmy lestari said...

emang mesti sabar dan sedikit tega yen,
kita mesti rada maksa ngasih dr botol,dulu hanna juga 3 mingguan baru akhirnya ga protes minum dr botol,sampe dia sempet turun berat badannya dikit gara2 kurang asupan,anak tambah besar katanya emang tambah susah disapihnya,tapi tiap anak ya eda2 pastinya..
good luck say....

dina sudjana said...

wah penderitaan yaa kalau pas mau nyapih anak, nga tegaaaaaaaa
gini say.. kalau menurut saya mah nga usah pake botol, soalnya nanti repot lagi nyapih botolnya..
lebih enak beliin cangkir yang unik khusus cangkir buat menyapih, jangan kaget kalau dia nolak untuk minum susu, nah susu kita bisa masukin ke makanan lainya misalnya puding atau makanan yang lain yang dia suka....

selamat berjuang jeng.. moga lancar yaa.. peluk erat dari sini

mayang kalyoncu said...

wuahh hebat hafizz blm kenal susu botol ampe usia segini.. adem dr 0 bln danal susu botol krn asiku ga byk dan si adem nyusunya kenceng.. skrng nih paling 200 ml tiap hari minum formula selain asi.

duh aku blm pengalaman mba yen, smoga yg lain bisa bantu.. hmm aku bantu doa aja ya supaya hafizz tetep sehat dan mau di sapih

Nina Moore said...

mungkin pelan2 aja kali ya say mengalihkan dari ASI ke susu botol. Kalo dia laper/mau minum susu, mungkin bisa dicoba langsung pake botol gitu.. aku sih gak ada pengalaman say, jadi maap gak bisa bantu banyak

Ike Hermawan said...

Klo Aldy malah minim ASI hanya 3 bulan mbak..sedih nya...Avi mah 2 tahun pas, dulu kasus Aldy, karena saya harus operasi terjadi peradangan di sebelah kanan karna susu ga keluar, habis itu kan seminggu belum boleh nyusuin...ehhh...susu nya malah susut..dan Aldy pun terbiasa pake dot...
Sharing dari temen waktu menyapih, di putingnya pake obat sariawan...kan pahit tuh mbak..he he...ada juga yg pake gambar2 menakutkan di putingnya..he he...atau ada juga yang dimerahin lipstik...klo avi dulu ga begitu susah sih...karna umur 2 th, susu sy juga udah mulai berkurang...
ganti makanan Hafiz ke makanan yg mengandung susu, mau itu cookis, ato jus, semua campur susu, bahkan spageti tuh pake cairan susu, dulu sy lakukan ke Aldy...
semoga membantu ya mbak...salam buat anak2...
semoga membantu ya...

yani prasetio said...

duuh kasihan juga ya Hafiz, tapi Yenni teteup terus coba ya......... coba pilih botol susu yg bentuknya lucu2x atau yg ada pegangannya tuuuh... supaya dia seneng duluu ........

Asri Arsiati said...

mba Yeni kenapa mba? semoga semuanya baik2 aja yaa... *peluk mba Yeni*

ttg menyapih... aku jg ga ada pengalaman mba, kembar dua2nya ga ada y disapih, 3 bulan aja mereka ASInya.. hiks! pas aku kerja mereka berhenti dengan sendirinya dan ASIku jg abis aja gitu mba... dan gas sulit ganti dengan sufornya karna dari awal mereka dah kenal botol mba, BB kurang jd dikasih premature formula, belum lagi ASI hasil perahan y dibotolin...

Mudah2an lancar yaa nyapih Hafiznya... mam masakan mama y enak2 aja sayang... ;)

R r said...

kalo elu menyusuinnya berkurang; otomatis produksi susu jadi berkurang juga....mangkanya dulu gw pelan2 nyapihnya soalnya kalo drastis kesian bayinya dan juga kita jadi sakit karena kepenuhan produksi susu. kalo pelan2 dan dikurangi tiap hari pasti nanti berenti sendiri kok produksi susunya. menurut suster yg dulu nangangin gw bertahap berkurang tiap hari, dalam 2 minggu pasti dah selesai dan si bayi terbiasa dg botol :)

iin paramita said...

Hafiz hepi belated besdey ya...btw aku gak pake sapih menyapih berhenti dengan sendirinya ketika berumur 3 tahun!!!! gile lama amat ya he..he dan anakku gak pernah minum susu formula krn ngga suka,skrng sih susu cair bisa yg banyak dijual tp dia lebih seneng air putih:)(dan syukurnya sehat2 aza kok skrng:)).

santi murwandani said...

mmm...happy bday utk dek hafiz...duuh dl raffi gk smp disapih mbak, soale berjalannya wkt asi ku lama2 berkurang & dia gk mau sendiri wkt usia 10bln. Coba payudara mbak diolesin bau2an spt balsem, kunyit atau yg pait2 gt (kl diindo kan byk yg tradisional) jd lama2 kan hafiz merasa gk enak sendiri sambil ditawarin minum susu botol/cup yg utk anak2 gt...Mdh2n lambat laun dia akan beralih ke susu formula....semoga berhasil yaa mbak....dan semoga mbak yeni sehat selalu...amiin

Arie - Bunda Icha Anakku Sayang said...

duuh mbak yen kenapa sampai mau dihentikan asinya..moga sehat selalu yaaa..

memang butuh waktu mbak yen untuk anak pindah ke situasi yang dia ngga pernah ngalamin, butuh kesabaran dan semoga hafiz bisa melalui itu dengan baik yaaa..

dona maiyerti said...

Kalau Hatta dulunya waktu umurnya 1 tahun lebih sudah Dona kasih susu formula tapi ASInya tetap Mbak Yeni.. Menurut seorang teman, seorang perawat nggak ada salahnya katanya biar nanti ketika menyapih dianya nggak terlalu stress dan rewel banget.. Memang susah banget awalnya tapi tiap hari Dona kasih terus akhirnya ketika mau disapih (Dona nyapih Hatta waktu umur 2 tahun 1 bulan) ia sudah mau minum susu formula.. kadang cuman 2 kali(pagi dan malam) sehari doang selebihnya tetap minum ASI..
Memang benar ia nggak rewel dan minum susu formulanya jadi sering banget sampai 6 kali sehari..

Biasanya anak kalau sudah disapih makannya biasanya mau Mbak Yeni.. Hatta juga begitu dulunya..
Semoga Mbak Yeni baik-baik aja dan sehat selalu ya..

yani bishop said...

gimana yah..soalnya dulu di Illy juga ASI sampe umur 2 tahun..abis itu dia berhenti sendiri...tapi memang susah2 gampang nyapi anak yah..

afriani rizal said...

kalo cara menyapih, aku mesti belajar jg ni..nanti share ya say..hihihi.. soalnya sampe skrg ryan blm mau lepas dari ASI.. pdhl udah 3 bln lg mau 3 thn..

maksudnya susu botol, hafiz gak suka sufor (susu formula) ya say?? ato gak suka minum susu pake botol?? Kalo ga suka pake botol mendingan minum susunya pake gelas aja, soalnya ryan jg gitu.. dia gak suka minum sufor pake botol, dulu dia sama sekali gak suka susu, skrg2 ini aja dia udah mau.

smoga dpt jalan keluarnya ya say..

Nia Kariani said...

Hm klo nyapih soal wkt mbak. Lama-lama Hafiz jg akan terbiasa. Coba skrg mulai diajarin minum susu pake sedotan, klo pake dot nantinya susah nyapih anak dr kebiasaan ngedot :)

Dessy Ojong said...

anakku yang pertama disapih waktu umurnya 1,5 th karena hamil anak kedua.
Susah juga sih. Waktu itu aku kasih air sirih (yang dah dikunyah duluan). Kan jadinya merah2 dan gak enak. Lama-lama dia gak mau lagi.
Tapi di Canada mana ada daun sirih ya....
mudah2an ada ide yang lebih baik dari teman lainnya..

Yeni Yulinda said...

makasih kak ida,iya kak emang yapih anak itu gampang2 sush ya.

Yeni Yulinda said...

makasih say,ngga papa..itu banyak udah pada dapat masukan dari teman2.
thanks linknya ya.

Yeni Yulinda said...

benarrr nes,makanya hfiz nih kita mau usahain pakai cup langsung.

Yeni Yulinda said...

kalo hafiz nih ngga ngaruh say,mau pakai minyak tawon atau apa,tancap aja.
makasih ya.

Yeni Yulinda said...

udah dilakuin say yg begitu,tapi penyakitnya kalo ngga ada bapaknya ngga mau,maunya nempel aku aja dan nenen.

Yeni Yulinda said...

yuk sama-sama menyapih,hehhehe..

Yeni Yulinda said...

makasih yen linknya..

Yeni Yulinda said...

iya nih mba,aku terus terang lum siap sihh..
soalnya hafiz abagi saya masih trlalu kecil,apalagi kalo aku ingat tasya samapi 2 tahun lebih.

Yeni Yulinda said...

ngga apa-apa say,ini udah banyak masukan dari teman2 semua.

Yeni Yulinda said...

Diperas juga kayaknya ngga mungkin mba dan juga hafiznya sendiri ngga mau,dulukan waktu masih dibawah satu tahun hafiz,ASInya suka keluar sendiri sangking banyaknya dan kita simpan dikulkas,kalo perrgi kita bawak kasih ke dia,ngga mau hafiznya,

Yeni Yulinda said...

ngga ada apa-apa say,cuman pengen nyapih aja.

Yeni Yulinda said...

Sama say kita aku juga kalo malam yg susah,soalnya kalo di bangun aku langsung bberi mimik ASI,kita sama2 berjuang ya,smoga sukses.

Yeni Yulinda said...

iya benar teh,tapi yeni tuh lum tega dan kayaknya masih berat mau ngelepasin,tapi ya gimana ini harus..
kali memang mesti tega ya teh.

Yeni Yulinda said...

benarrrrrrrrr,asli ngga tega..
iya teh mau dicoba gitu nanti,suusu masuk dimakanan.

Yeni Yulinda said...

sekarang udah kenal mayang,tapi belum lama ini..
soalnya ASI ku juga dari tasya dulu lumayan banyak,sekarang aja masih banyak.

Yeni Yulinda said...

ngga papa say,iini udah banyak sharing dari teman2 yg lain.

Yeni Yulinda said...

aku udah coba say kasih yg jijik2 di putting,tapi dianya mah ngga pedulu,disikat aja langsung.

Yeni Yulinda said...

makasih yuk,iya nih susah mau nyapih.

Yeni Yulinda said...

ngga aada apa-apa say,cuman mau nyapih aja..\makasih ya.

Yeni Yulinda said...

iya benarr na apa yang elo bilang,tapi ini gimana mau berkurang kalo itungan menit mintak nenen,hehhehe..
kecuali ke Mall lupa dah dia ama pentilnya.

Yeni Yulinda said...

maksih tante.wahhh lama juga say 3 tahun..
sama nih T&H nggga ada yg suka susu formula,karna bau dan rasanya ngga enak.

Yeni Yulinda said...

maksih tante santi,kalo posisi kayak maku pasti mudah say,apalagi kamukan kerja..
kalo aku berhari2 dia dekat aku aja,otomatis mimik ASI teruskan ke aku.

Yeni Yulinda said...

ngga apa-apa say,cuman mau nyoba aja nyapihnya.
iya say gampang2 susha ya.

Harneini Tou said...

Comment-ku kok nggak ada ya......padahal aku ngepost-in diurutan ke 13-an he....he....kayak mau bagi2 jatah aja ^_^
Emang ya, soal nyapih anak gampang2 susah, tapi kalo ibunya dah mau isi lagi ntar juga dia nggak mau endiri ( itu kata dokter-ku dulu ), tapi kalo krn sebab lain ya, ibunya harus tega.....
Mama, teganya....teganya...teganya....ntar Hafidz nyanyi gitu deh ha...ha...ha....sorry, jgn diambil hati ya......

henie suryana said...

aku bilangnya dulu payudaraku sakit, rasanya pahit, sebelumnya aku olesin pare dulu..setelah dicoba memang pahit, trus berhenti sendiri, tentang susu botol, aku gak bisa kasi saran, soalnya ankku yang gede dulu juga gak pake botol, disuapin susunya..gak mau pake botol...

Devi adika said...

mba yen devi nggak bisa bantu,belum pengalaman soalnya..^^..o

Yeni Yulinda said...

iya say hafiz juga udah kita coba gitu,tapi pakai susu homo biasa..
tapi masih aja suka asi dari pada susu botol

iya katanya juga kalo udah disapih makannya banyak ya don,makasih ya sarannya.

Yeni Yulinda said...

iya benar say,gampang2 susah..

Yeni Yulinda said...

ohhh iya,kamukan kerja..
terus kapan ASi nya hahhaa..

hafiz nggak suka sufor say,baunya itu lhoo.

Yeni Yulinda said...

pakai sedotan lum bisa ngisapnya nia.

Yeni Yulinda said...

wahh itu sama ama seumur hafiz ya,pasti susah ya des..

Yeni Yulinda said...

ngga tega aku say dan lum tegaaaaaaaaaa..
gimana donk.

Yeni Yulinda said...

mbak kalo ngomong kehafiz susah,mungkin karna masih kecil ya..
kalo yg dikasih gituan lum dicoba sih,akunya masih lum tega.

Yeni Yulinda said...

ngga papa dev,ini juga udah banyak dapat saran.

afriani rizal said...

ASI nya sepulang aku kerja Yen.. dari sore sampe pagi..trus kalo wiken. dlm tidurnya pun Ryan tetap minta nen.. pantang liat ak rebahan dikit, dia lgsg nyerbu, nen..nen.. bbrp kali aku udah coba sapih tp gak berhasil.. dikasi obat pait2 gitu udah, dicuekin aja, blom ada yg mempan, terlalu cinta ama puting kali ya.. hihihihi...kalo dulu jalan2 ke mall pun dia nagih ASI.. belakangan udah jarang.

Yeni Yulinda said...

ohh gitu,tapi masih enak donk say kalo dikau kerja dia ngga ASI,seharusnya mudah ya nyapihnya.
kalo kayak hafiz ini,paling agak lama lupa ama ASI nya kalo ke Mall dan ada Papanya dirumah,selain itu iya ngegantung aja ama mimiknya.

Lies Adjeng said...

waaah maaf ni, gak bisa urun saran. semoga dapat jalan keluar yang terbaik, secepatnya deh yaaa