WELCOME TO OUR LITTLE KITCHEN....

Hi Friends...
Feel free to try my all Recipes from our Kitchen,just go to another site,Multiply "Me,My Family and Our Life Story".
If you have any problem or question,just send me Personal Message or Email..I will be happy to Reply and Answer your Question..

All the foods here the results of my small kitchen or homemade by Me ...
For the cake or Cookies, this is the first time I've made, the results did not disappoint, crisp and very tender..Alhamdulillah...And it's not difficult, believe me ...

I have three small children still need attention, can make it...which is important to try But,if you will share my Recipes to any body..

Please put my Name or link original Recipes.
Thanks and Happy cooking


********************************************************************************************************************************************************************************************************
********************************************************************************************************************************************************************************************************

SALAM KENAL DARI KAMI ...
Silahkan mampir dan silahkan di lihat-lihat Resep dari dapur kami,jika tidak menemukan Resep terbaru disini,silahkan lihat di Blog kami yang satu lagi
"Me,My Family and Our Life Story".
Smoga isi Blog ini bermamfa'at buat Semuanya dan Isi yang ada disini Tidak untuk di perjual belikan,apalagi ada yang memamfa'atkan dengan seenak jidad tampa memikirkan karya orang lain dan mau mengambil jalan pintas dengan meng Copy Paste Resep dan Gambarnya untuk di Bukukan dan dijual di Pasaran.

Jika Kalian menggunakan Resep yang ada disini,Tolong cantumkan Sumber Asalnya...
Karna Terus Terang Resep yang ada disini kebanyakan Resep Asal yang menyesuaikan selera lidah Keluarga dan resep dari turun temurun dari Keluarga,walaupun ada Resep hasil ngegoogle atau Nyontek punya orang lain,itupun sudah di Modification sesuai Selera cita Rasa lidah Yeni Murty's family.

Jadi...
Buat yang penggemar
MALING GAMBAR,Tolong izin terlebih dahulu dengan si Pemiliknya,My Email Adress : yenimurty@yahoo.com
Ma'af Aku tulis begitu,karna Sudah terjadi ada yang menyalah gunaan Photo Resepku tampa sepengetahuanku.

Selamat Mencoba,smoga bermamfa'at dan berkesan.
Salam dari kami.
Yeni Murty's Family

COPYRIGHT
ca
Creative Commons License
All Photographs and Original Recipes by Yeni Family's Kitchen is licensed under a Creative Commons Attribution 2.5 Canada License.
Permissions beyond the scope of this license may be available at yenimurty@yahoo.com.

Tuesday, September 18, 2012

Asinan Buah

Dalam Rangka memperdayakan Kedondong yang banyak Lol,makanya beberapa hari ini gak jauh-jauh dari yang Asem2  yang gw makan,tapi bukan berarti lagi ngidam lo,hahhaha...

Ini salah satu olahan yang terbanyak gw menggunakan Kedondong,maklum belinya banyak banget dan gak ada yang mau makan dirumah,karna Asem..
Yo wiss gw bikin begini aja,kan lumayan bisa bertahan gw simpan dalam Kulkas,rasanya hmm..suegarrrrr,Asam,Manis dan Pedas gitu lo,Segar kan..!

Yuk diintip Resepku buat yang mau bikin,semoga suka.

Bahan :
12 Buah Kedondong,potong2 sesuai Selera

Haluskan :
5 Buah Cabe Rawit
3 Siung Bawang Putih
1/2 Sdm Terasi
Gula Secukupnya

Caranya :
Bersihkan Kedondong,potong sesuai selera,cuci bersih dan tiriskan.
Rebus semua Bumbu hingga mendidih,lalu matikan api dan masukkan Buah Kedondong,aduk rata,cicip rasanya,pedas,asam dan manis .
Setelah dingin masukkan dalam Kuklas,Asinan Buah siap disajikan.


Rujak Buah

Makan Rujak beginian dalam suasana apa pun cocok,gak ngaruh walaupun ditempatku sekarang lagi banyak mendung dan hujan,pokoknya oxe ajah dan tetap suegarrrrrrrr...

Ceritanya nemu Kedondong dan gak tanggung sangking napsu.com,aku beli banyak dan sempat kebingungan mau diapain,yachhh diambil lah 2 biji aku bikin untuk campuran Rujak buah ini..
Nahh kalo ada yang belum tau,nih aku bagi Resepnya untk Satu piring....
Tapi dijamin semua tau ya.

Bahan :
2 buah Kedondong
Timun
1 potong Nanas
1/2 buah apel Gala
1 Buah Mangga muda ukuran kecil
Jambu Klutuk kalo mau
Jambu air lebih bagus,kalo ada

Bumbu haluskan :
1 buah cabe rawit
4 sdm Kacang Tanah Goreng
1/2 sdt Terasi
3 Sdm Gula jawa

Caranya :
Bersihkan Semua buah,kupas kulitnya dan potong2 sesuai Selera,cuci dan Tiriskan.
Giling semua Bumbu Halus,lalu masukkan Buah dan Aduk Rata,Rujak buah siap di sajikan.

Met Mencoba..!!!

Wednesday, August 22, 2012

Sate Padang

Dahulu kalaaaaaaaaaaa...
Benar dech gak suka yang namanya Sate Padang,soalnya trauma makan Sate padang ini,gara-gara dulu masih kuliah diajak Teman makn Sate padang,trus kok saosnya itu bau Tai Sapi,hehhehe..

Lo kok tau sih bau Tai Sapi,ya iyalah tau donk..
Orang Bapakku bisnisnya Jual beli sapi dan kadang juga motongin sapi kalo pas Lebaran gini buat di jual.
Yachh..jadi taulah yang namanya Bau Tai sapi ini.


Tapi,begitu aku di LN ini..
udah berapa kali aku bikin,ternyata gak tuh berbau Saosnya,gak tau dech kenapa waktu itu kok bau.
Tapi bisa jadi,karna Lidah dkk nya aku rebus dan air rebusannya dibuang,nahh mungkin ini yang buat Saosnya gak berbau.


Jadi,kesimpulan ku dan mungkin Tips buat yang mau bikin..
Air Rebusan Lidah dkk nya tadi dibuang,jangan dijadikan air buat saosnya.

Bahan :
500 gr Lidah Sapi,rebus kupas kulitnya
500 Gr Campuran Hati,Jantung dan Daging
2 Batang serai Memarkan
5 helai daun jeruk
2 helai daun Kunyit (Gak pakai)
2 buah Lengkuas Kering
1/2 sdt Garam
2 ltr Air
2 sdm Minyak makan
2 Sdm Bumbu Curry
50 gr Tepung Beras
15 Gr Tepung Sagu

Haluskan :
7 siung bawang merah
6 siung Bawang Putih
5 buah cabe Rawit
1/2 sdm Jintan
1/2 sdm Ketumbar Bubuk

Caranya :
Rebus Lidah sapi,daging,hati dan jantung bersama lengkuas,serai,Garam,daun kunyit dan daun jeruk hingga Lidah,Daging dll setengah Matang,lalu tiriskan dan buang air rebusan tadi.
Buang kulit Lidah dan Potong2  kotak Lidah,Daging Dll.
Panaskan Minyak,Tumis Bumbu halus hingga harum,Masukkan Lidah dll tadi,aduk hingga rata,tambahkan Bumbu Curry,Daun jeruk,Daun Kunyit,Lengkuas dan serai beserta 1 liter air dan Garam secukupnya sesuai selera,masak hingga matang,lalu angkat Lidah dll nya.

Kentalkan Bumbu halus yang sisa Rebusan Lidah Dll tadi dengan Larutan Tepung Beras dan Sagu,aduk hingga mengental,angkat dan siap disajikan

Penyelesaian :
Tusuk-tusuk Lidah dll tadi ditusukan Sate,bakar sebentar..
Lalu sajikan dengan lontong dan siram dengan Saosnya.

Combro ala Mama THD

Kalo lagi kepengen makan jajanan Traditional di LN gini,walaupun Bahan gak lengkap dijadi-jadiin dech...
Alias diganti bahannya yang penting rasanya masih enak dan gak jauh-jauh banget rasanya,hehhehe..

Nahh kali ini Combro ala Aku,isinya gak pakai Oncom seperti diindo..
Combroku ini,aku Pakai Tempe dan Ikan Tuna Kalengan,Hmmm..ternyata not bad,cobain dech..

Bahannya :
400 gr Singkong Parut
20 Gr Tepung Sagu
25 Gr Kelapa Parut
4 Batang Daun bawang,iris (Untuk campuran singkong dan utk Isi)
1/2 sdt Garam
Minyak Secukupnya

Haluskan utk Bahan isi :
1 Buah Tempe (ukuran 250 gr)
1 Kaleng Tuna
5 siung Bawang Putih
4 buah Cabe Rawit
1/2 Sdm Gula pasir
1/2 Sdm Garam

Caranya :
Campur Singkong Parut,Tepung Sagu,Kelapa Parut,Daun Bawang,Garam dan Air secukupnya,aduk dengan Tangan hingga tercampur rata,sisihkan.

Panaskan 2 Sdm Minyak,tumis Bahan yang dihaluskan tadi hingga harum,tambahkan irisan Daun bawang,aduk hingga rata,angkat.

Penyelesaian :
Ambil sebesar bola Pingpong Adonan Tepung Singkong,lalu pipihkan dengan bentuk memanjang..
isi dengan bahan isi secukupnya,lalu tutup rapat dan bentuk bulat Lonjong,Setelah selesai semua,Goreng dalam minyak panas hingga kecoklatan.
Angkat dan siap disantap.

Kacang Bawang

Ini adalah salah satu Cemilan yang wajib kalau Lebaran yang ada di Rumah Orang Tua di Kampung,jadi kangen orang Rumah..
Nahh lebaran kali ini,coba-coba dech bikin sedikit,kebetulan dulu sering lihat ibu bikin dan caranya juga gak susah-susah banget,apalagi disini sudah ada kacang yang dikupas..

Jadi dech gak lama dan tangan dedar dulu ngupas si Kulit kacang
Jika ingin mencoba,silahkan..
Resep asli dari Ibu.

Bahan :
1/2 kg Kacang tanpa kulit,Kalo ada kulitnya,disiram air mendidih,lalu dikupas.
100 ml santan
2 tangkai Seledri iris tipis
Minyak untuk menggoreng
5 siung bawang putih iris tipis,utk taburan

Haluskan :
6 siung b.putih
2 buah kemiri
1/2 sdm garam

Caranya:
Rebus 1 ltr air dan Tuang kedalam kacang tanah,rendam kira-kira setengah jam

Kemudian tiriskan kacang, tambahkan santan, seledri dan bumbu halus,rendam lagi selama 2 jam biar bumbu meresap.
Lalu tiriskan dan Goreng kacang sampai kecoklatan.
Angkat dan tiriskan diatas kertas, lalu Taburi bawang putih goreng.

Pudding Banana Bread / Pudding Roti Pisang

Kalo punya stock banyak atau punya Roti yang baru lewat satu hari Expired,jangan dibuang..
Mamfa'atin dech untuk buat Dessert satu ini,dijamin habis dalam sekejap,apalagi kalo didinginkan dulu..

Bikinnya juga gak susah-susah banget,tapi ingat yang punya yang menghindari Kolesterol,jangan banyak-banyak makan ini..
Met Mencoba....


Bahan :
3 buah Roti Croissant atau 4 Buah Roti tawar,sobek2
2 Telor
3 Sdm Margarin
600 ml Susu cair
Gula secukupnya atau sesuai Selera manisnya
Kismis Secukupnya
2 buah Pisang Ambon / Kelapa Muda
Pengharum Vanila / Kayu Manis

Caranya :
Tarok di Loyang Tahan Panas, Roti yang sudah disobek-sobek,kemudian beri susu cair.
Potong-potong tipis pisang atau Kelapa muda,tambahkan diatasnya Kismis.
Lalu aduk Telor,margarin dan Gula hingga Cair,tambahkan pengharum,siramkan diatas Roti tadi.

Oven selama 40 menit atau sampai berwarna kecoklatan,angkat dan siap disajikan.
Dingin ataupun hangat.

Monday, August 13, 2012

Cilok Istimewa ala Mama THD

Description:
Lok Cilok...ini pertama kali aku bikin Cilok,ternyata enak juga ya,malah go International,hahhahaha...
Eittttttt...jangan ketawa dulu,go internationalnya cuman tingkat Sekolahan Tasya lho,heehhee...

Jajanan satu ini pasti semua orang hampir mengenalnya,tapi mungkin jarang banget kita mau bikinnya,itu pun yang terjadi dengan diriku,ini adalah pertama kali aku bikin Cilok karna berhubung Perpisahan mau Summer Holiday dan International Potluck di sekolahan Tasya awal Juli kemaren dan mengharuskan kita bawak Makanan dari Negara asal,terpaksa dech aku bikin ini Cilok,hehehehe..

Abis buntu banget ide mau bikin apa sangking banyaknya Jajanan dan Makanan dari Negara Kita,sebenarnya banyak yang bisa dibuat,tapi akunya aja kepengen yang simple dan aneh diliat orang dan menjanjikna rasanya.
Sebenarnya bahan dan cara bikinnya ngga beda-beda jauh sama bikin Pempek dan Siomay,tapi yang ini lebih simple aja kalo buat disajikan ke Orang Asing,soalnya ditusuk bikin kayak sate dan mau makannya tinggal di Celupin ke saos kacang,seleesai dech,kalo Siomay kan perlu ini dan itu,wahhh..ntar ribet aja yang makannya.
Makanya pilihan jatuh ke Cilok dan ngga nyangka juga,ini makanan dalam sekejap habissssssss,hehhehehhe..
Mungkin mereka kira,ini makanan apa sih,kok bikin penasaran mau ditoel.
Nahh..buat yang Punya anak mau bawak makanan kesekolah buat Potluck atau Acara lain,makanan satu ini layak go International lho,malah baru-baru ini bikin juga buat dibawak Potluck ditempat Research Suami di NRC.


Ingredients:
500 gr Daging Ayam (saya pake 500 Gr Ikan makarel + 3 sdm Ebi)
15 Cup Tepung Tapioca (Cupnya berukuran 80 ml)
13 Cup Tepung Terigu (Cupnya berukuran 80 ml)
2 sdm bawang goreng
3 batang Daun bawang cincang halus
3 tangkai daun seleri cincang halus
5 siung bawang putih

Air Untuk Siraman :
1 liter air
1 buah kaldu maggi rasa ayam
Garam secukupnya

Untuk saos kacangnya intip Disini.
NOTE : Kalau ada Tepung Kanji lebih bagus memakai Tepung Kanji,jika memakai Tepung Tapioca, Semakin lama dikukus,semakin Lembut Ciloknya




Directions:
Bersihkan Ikan,ambil dagingnya lalu Blender Ikan,ebi dan bawang Putih hingga Halus,lalu keluarkan dan tarok didalam Baskom,beri tepung tapioca,tepung Terigu,daun bawang,seleri dan bawang Goreng,aduk hingga tercampur rata,sisihkan.

Masak air bersama Maggi dan Garam sampai mendidih,kemudian Siram kedalam adonan ikan dan tepung tadi dengan memberi air kaldu sedikit demi sedikit, aduk hingga tercampur rata / kalis dan adonan bisa dibentuk sebesar bulatan kelereng,kemudian Rebus dalam air mendidih hingga Terapung,kemudian kukus hingga matang dan tusuk dg tusuk sate jika mau,sajikan dengan sambal saos Kacang dan kecap.

Gulai Ikan Suka-suka

Description:
Begini nih kalo lagi mati Ide dan gaya,pokoknya niat mau dibikin ini kok jadinya yang lain,hahaha..
Tapi dijamin dech tetap enak,Aku kasih judul Gulai Ikan suka-suka aja dech,habis benar-benar suka-suka bikinnya dan bumbunya juga suka-suka masukinnya.

Met Mencoba ya..


Ingredients:
IMG_2131


500 gr Ikan Makarel,bersihkan dan potong sesuai selera
10 buah cabe rawit utuh
1 batang serai memarkan
2 buah lengkuas kering
2 lembar daun salam
2 tangkai kemangi
500 ml Santan sedang
Garam secukupnya
1 sdm Gula pasir

Haluskan :
6 siung bawang merah
4 siung bawang Putih
5 buah kemiri
6 butir merica


Directions:
Rendam Ikan dengan Air jeruk Lemon selama 15 Menit,lalu Goreng hingga setengah garing,angkat dan sisihkan.

Sisakan 2 sdm Minyak bekas menggoreng Ikan,lalu Tumis bumbu halus hingga harum,tambahkan Serai,Lengkuas,Daun salam,aduk rata.
Kemudian Tambahkan Ikan,Santan,Garam,Gula,cabe rawit dan Kemangi,biarkan mendidihkan dan kuah sedikit mengering,angkat dan sajikan.

Pempek Nasi Resep Ibuku

Description:
Postingan Resep Perdana semenjak pulang Kampung...ini ceritanya Resep Oleh-oleh Pulang Kampung,Kalo lagi kebingungan menyajikan Sarapan buat Keluarga Tercintah,Cobain dech memamfa'atkan Sisa Nasi Putih semalaman di sulap menjadi Sarapan Sehat,murah meriah dan yang pasti kenyang..hehhehe...

Ceritanya pas Mudik kemaren,kebetulan di Rumah Nyokap Bokap mau Sedekahan,yachh salah satu cemilan Nyokap untuk orang yang ngebantu-bantu bikin ini,ehmmm..ternyata uenak..apalagi pas kebetulan ada cuka Mpek-mpek,dimakan dah ama tuh Cuka,jadi dech kayak Mpek-mpek nasi Lol..

Untuk namanya ngga tau lah apa,tapi banyak yg bilang dikampungku,katanya mpek-mpek nasi

Pagi ini,aku bikin buat Keluarga tercintahku,hmm..yummi..
Selamat Menikmati,hehhehe..

Ingredients:
2 mangkok kecil Nasi putih,sisa semalam atau baru
25 gr kelapa parut
50 gr tepung tapioca
1 bungkus masako (kalo mau,gak juga gak apa-apa)
2 batang daun bawang,cincang halus
2 siung bwang merah,iris tipis
Daun seleri secukupnya,cincang halus
Garam secukupnya
1sdt merica bubuk
1/4 sdm bawang putih bubuk

Directions:
Campur semua Bahan dengan menggunakan Sendok hingga tercampur rata atau menggunakan tangan lebih bagus.
Cicip rasanya,jika sudah pas dilidah,Goreng dalam minyak panas sesendok demi sesenndok sambil dipipihkan,angkat jika sudah berwarna kecoklatan,siap disajikan dalam suasana apapun,mau pake cuka boleh atau begitu saja juga uenak..

Kue Pepe aka Lapis sagu

Description:
Idih..idih tak kira bikin Kue pepe aka Lapis Sagu ini susah dan Ribet banget,ehh..ternyata kagak lo..
Dan yang pasti berhasil,hohoho...

asal sabar ngelapisinnya dan motongnya juga mesti nunggu dingin,bila perlu simpan aja dulu 3 jam dikulkas,hasilnya pasti cantik dech,apalag kalo dikasih warna cantik.

Ingredients:
500 gr Tepung Tapioca
400 gr Gula pasir or sesuai selera manisnya
1000 ml Santan sedang
1 sdt garam
2 lembar daun Pandan
4 lembar daun jeruk purut
Pewarna sesuai selera

Directions:
Rebus santan,Daun Pandan,daun Jeruk,Gula dan garam hingga mendidih,kemudian matikan api dan dinginkan.
Setelah dingin,masukkan Tepung Tapioca,aduk hingga rata.

Lalu bagi adonan menjadi Tiga bagian atau sesuai selera,beri setiap bagian pewarna.

Penyelesaian :
siapkan cetakan segi empat,beri sedikit minyak lalu kukus hingga panas,lalu masukkan Adonan sebanyak 2 sdm,biakan selama 7 menit,lalu masukkan lagi adonan yang berwarna lain,lakukan lagi dengan cara yang sama hingga habis.
Setelah selesai semua,kukus lagi selama 20 menit,matikan api dan dinginkan.
Potong kue pepe jika sudah dingin.

Kue Lapis Singkong aka Ongol-ongol

Description:
ngga tau lah apa namanya,yang pasti terbuat dari singkong parut..
Ada yang Bilang ongol-ongol dan ada yang bilang lapis singkong dan ada juga nih yang bilang puding Singkong,tapi intinya semua nama cemilalan itu bahan,cara dan penyajiannya sama..

Jadi terserah enaknya kita aja dech nyebutnya,kalo aku sih lebih enak nyebutnya Lapis Singkong,karna dari bentuknya berlapis.

Rasanya enak,legit-legit,manis dan gurih dari kelapa parut,bikinnya mudah..
Met mencoba..

Ingredients:
900 gr Singkong Parut siap pakai
Gula pasir 350 gr atau sesuai selera manisnya
1 sdt vanila
100 gr kelapa parut
1 sdt garam
3 sdm tepung Tapioca
Pewarna sesuai selera

Balutan :
150 gr kelapa parut kering
50 ml santan kental
1/2 sdm garam



Directions:
Campur jadi satu semua bahan,kecuali pewarna,aduk rata..
Kemudian bagi menjadi Tiga bagian,beri pewarna sesuai selera

Panaskan cetakan yang sudah dipolesi sedikit minyak diatas Kukusan,lalu masukkan satu bagian adonan dan ratakan,masak hingga matang,lakukan hingga adonan habis,kemudian masak lagi selama 10 menit,angkat dan dinginkan.

Untuk Balutan :
Campur jadi satu semua bahan,aduk hingga rata..
kemudian kukus hingga airnya mendidih.


Penyelesaian :
Potong -potong sesuai selera,lalu balut engan kelapa parut,sajikan.

Ayam Kecap Bumbu Tauco

Kalau lagi bingung menmgolah Ayam dan kepengen yang bikin napsu makan bertambah,cobain dech Resepku satu ini,dijamin mantaff

Selamat Mencoba..!!!

BAHAN :
1 kg Daging ayam, potong sesuai selera(bersihkan Dan rebus hingga mateng),lalu goreng sebentar.
1 buah bawang Bombay, potong tipis korek api
5 suing bawang merah iris tipi
7 siung bawang putih iris tipi
6 buah cabe rawit yg ukuran besar (cabe product Thai, agak gede2)..Sebenarnya untuk cabe Terserah banyaknya or sesuai selera pedasnya..
3 sdm tauco
5 sdm Kecap Manis

CARANYA :
Panaskan sedikit minyak, Tumis semua bawang hingga layu, kemudian masukkan cabe, aduk data...
Tambahkan ayam, Tauco Dan Kecap Dan 50 ml air aduk hingga bumbu merata, cicipin rasanya..

Otak-otak Ikan Bakar

Jajanan satu ini hampir semua menyukainya,hanya kadang malas karan terlalu ribet membuatnya..
Tapi buat kita di LN mau apa dikata harus bikin kalo mau makan,kalo hanya berhayal menunggu abang2 lewat atau sengaj beli ke Pasar,duhh gak ada,hehhehe..

Yachh inilah Resep ala Dapur Kami,Met Mencoba..!!

Ingredients:
500 gr Ikan Giling
50 gr Tepung tapioca
1 putih telor
250 ml santan Kental
5 siung Bawang Putih haluskan
10 batang daun Kucai,iris Halus
1 sdt Merica Bubuk
2 sdt Gula pasir
Garam Secukupnya
Daun pisang Secukupnya
Tusuk Lidi untuk perekat

Bahan Saos :
100 gr Kacang tanah Sangrai,haluskan
4 buah daun jeruk purut,iris halus
4 siung bawang Putih lhaluskan
3 sdm Gula pasir
1/2 sdt Garam
100 ml Air

Directions:
Untuk Otak-otak :
Campur semua bahan,aduk hingga tercampur rata..
Lalu ambil daun pisang dan beri 1 sdm adonan,bungkus memanjang dan rekat dengan Tusuk gigi,Setelah selesai semua bakar Hingga mateng.

Untuk Saos :
campur semua bahan,lalu masak hingga mendidih.

Penyelesaian :
Sajikan Otak-otak dengan Bumbu Kacang.

Kembang Goyang

Cemilan satu ini asli enak banget,apalagi makannya sambil nonton TV or Tea Time..
Rasa gurih dan manisnya bikin kita tak akan berhenti makannya.

Bikinya juga muda,gak pakai bantat..
asal butuh kesabaran dan tahan berdiri didepan kompor melawan panasnya minyak.

Met Mencoba Resep Ibuku..!!





BAHAN :
500 gr tepung beras
450 ml santan sedang
15 sdm gula pasir
1/2 sdt Garam
2 buah Telor

CARANYA :
Campur semua Bahan dan Aduk hingga adonan cair,lalu saring.
Panaskan minyak banyak Dan Panaskan cetakan,setelah cetakan panas,celupkan keadonan Jangan sampai tenggelam dan cetakan bagian atas tertutup,agar adonan tidak menempel aka susah Lepas.

Note :
Jika mau dikasih pewarna Hijau Boleh juga,biar cantik dan bervariasi..

Nastar

Pasti semua tau donk Kuker satu ini,bulet yang berisi selai Nanas,pasti disetiap lebaran tak pernah tinggal menyajikannya..

Ini juga Resep pertama yang aku bikin dari Ibu Tahun lalu,alhamdulillah hasilnya cukup memuaskan.

BAHAN :
300 gr Mentega
300 gr Tepung Terigu
25 gr  Teung Maizena
70 g Gula Halus
3 butir kuning telur
2 sdm susu bubuk
1/2 sdt garam



Pelengkap :
Selai Nanas
Cengkeh
2 Kuning Telor buat Polesan

Bahan untuk Selai Nanas :
1 buah Nanas matang, parut
150 Gr Gula putih
5 buah Cengkeh
1/2 sdt garam


Untuk selai Nanas:
Campur jadi satu parutan nanas, gula pasir,cengkih dan garam, aduk rata.
Panaskan sambil terus diaduk hingga terbentuk adonan selai yang kental.angkat dan siap digunakan.

CARANYA :
Campur tepung terigu, tepung maizena dan susu bubuk, aduk rajadi satu lalu aduk rata,kemudian tambahkan gula, kuning telur, mentega dan garam ke dalam campuran tepung.
Aduk hingga  rata dan terbentuk adonan yang berbutir-butir.

Padatkan adonan dengan tangan sampai berbentuk adonan yang bisa dibentuk,lalu ambil sejemput adonan,bentuk bulat dan pipihkan.
Kemudian Isi tengahnya dengan 1/2 sendok teh selai nanas,rapatkan dan bentuk bulat,tarok diatas loyang
yang sudah dikasih margarin diatasnya,beri polesan kuning telor diatasnya dan beri cengkeh sebagai hiasan diatasnya,Oven dengan temperatur 160 derajat celcius selama 20 menit atau hingga berwarna kuning kecokelatan.

Kastangel

Mumpung masih pada suasana mau Lebaran dan tentunya pada sibuk bikin Kuker alias Kue Kering..

Resepku satu ini bisa dicoba buat Pemula,terus terang aku bikin ini yang pertama kali dan Alhamdulillah rasanya not Bad lah buat seorang Pemula.

Sebenarnya Kuker ini aku buat Lebaran Tahun lalu,tapi gak apa-apalah aku baru Post disini sekarang,siapa tau bermamfa'at buat yang membutuhkan,Selamat Mencoba..

BAHANNYA :
Margarin 150 gr
Mentega 250 gr
650 gr Tepung Terigu
6 Butir Kuning Telor (1 buat polesan)
Keju parut 500 gr (350 untuk adonan dan sisanya  untuk taburan)
1/2 sdt Garam 

CARANYA :
Kocok mentega dan margarine sampai lembut,lalu masukkan kuning telur dan kocok sampai rata
Tambahkan Garam,Tepung dan Keju parut,aduk sampai rata,kemudian cetak sesuai selera dan panggang setengah matang,keluarkan dan olesi kue dengan kuning telor dan beri taburan keju.

NOTE :
Panggang dengan suhu 160 C selama 15 Menit.

Cumi Cabe Ijo versi

Kalo lagi kebingungan mengolah Cumi,cobain dech Resepku satu ini..

Dijamin Nendang dan lahap makan,bikinnya juga mudah,hanya sedikit berbau aja waktu memasaknya

Buat yang mau mencoba,ini Resep dari dapur kami,Met Mencoba..!!!

BAHAN :
400 gr Cumi
5 Siung Bawang merah diiris tipis
4 Siung Bawang putih diiris tipis
20 Biji Cabe rawit  diiris tipis
5 biji Cherry tomato diiris tipis
1 batang serai memarkan
3 buah daun jeruk purut
Petai Kalo suka
Garam secukupnya
1/2 sdm gula pasir
2 sdm Minyak utk menumis

CARANYA :
Bersihkan cumi, buang tinta dan tulang punggungnya,goreng cumi hingga mateng,kemudian tumis bawang merah putih hingga harum, masukkan cumi..
Lalu tambahkan cabe, serai,daun jeruk,petai,garam dan gula,tambahkan 50 ml air, masak hingga air kering,angkat dan siap disajikan

Sambel Pare Teri

Ini adalah salah satu menu favku,kalo makan sayur satu ini asli lahap makannya,sayang sangat jarang aku menyajikan aka membuat didapurku menjadi List salah satu buat menu kami,karna suami kurang suka dengan menu satu ini..

Jadi dah kalo mau bikin mikir seribu kali,hehhehe.. Buat yang mau mencoba,silahkan.. Dijamin Nendang Lol..



BAHAN : 
3 buah pare ukuran besar,buang isi tengahnya dan iris tipis,lalu remes dg air garam 3 sdm,lalu cuci bersih. Teri sesuai selera banyaknya
200 ml santan kaleng
2 sdm cabe giling
10 buah tomat cerry,potong iris tipis
6 siung bawang putih haluskan
3 siung bawang merah iris tipis
 Garam secukupnya
1 sdm gula ( ganti penyedap)
3 Sdm minyak

 CARANYA :
Panaskan minyak,tumis bawang merah,masukkan bawang putih halus,cabe dan tomat,aduk rata..
Kemudian tambahkan teri,pare,gula,garam dan santan,aduk hingga rata dan masak hingga santan mengering,angkat.

Selamat Mencoba

Saturday, August 11, 2012

Step by Step bikin Pempek Palembang

Empek-empek Palembang Mama THD 

RESEPI YANG KUJANJIKAN...

Akhirnya….Ketemu juga dech ini gambar-gambar,sebenarnya gampang aja kemaren saya kasih tau langsung  dan cara pembuatan Empek-empek,tapi saya merasa nggak puas aja kalau kasih tau Kalian semua nggak Step by Step,lagian biar gampang juga buat yang mau mencoba.
Sorry banget buat Teman-teman ku Semua yang udah sabar  menunggu Resepnya,sebenarnya Ini udah pernah saya posting di Blog saya (maĆ”f buat yang udah pernah baca),tapi 2 hari yang lalu aku utak atik maksudnya mau ngebagusin,eh..kok malah hilang itu postingan,untuk mengobati rasa penasaran kalian,ini dech aku posting lagi dan juga aku emang udah janji sama Teman yang nanya Resepnya.
Selamat mencoba,smoga berhasil…

Adonan I
 

500 gr ikan tenggiri siap pakai,tarok didalam baskom,tambahkan 75 ml air Dingin, garam dan  telor ,jika pakai telor.(Dengan Catatan,Jika Ikan sudah banyak mengandung air karna beku atau suatu hal,jangan tambahkan lagi air 75 ml,karna akan mempengaruhi Adonan dan jadinya banyak menggunakan Tapioca)

Adonan II 

6 siung B.putih haluskan,air 400 ml dan 50 gr tepung terigu,campur jadi satu lalu rebus sampai meletup-letup,angkat dinginkan

Setelah adonan II dingin,campur jadi satu antara Adonan I dan Adonan II  

kemudian aduk sampai tercampur rata.
setelah tercampur rata Adonan I & II,masukkan  Tepung tapioca sedikit demi sedikit sambil diaduk rata,sampai membentuk Adonan Seperti di bawah ini.


Catatan :
Untuk Penggunaan Tapioca tidak bisa di tentukan,kadang kurang dan juga kadang lebih,pokoknya pastikan Adonan seperti diAtas,baru bisa di bentuk dan di Rebus.


Untuk Kapal Selam Besar,Ini Cara simple yang Aku Pakai
Ambil Adonan sebesar Bola Tenis,pipihkan lalu isi dg 1 bh telor utuh yg sudah direbus atau kocok telor seperti mau bikin telor dadar,lalu masukkan kedalam plastik ziploc,isi kedalam Adonan tadi yang sudah dibentuk seperti kantong dan rekatkan satu sama lain.
Kapal Selam Ala Mama Tasya
CARA LAIN :
Untuk buat kapal Selam,Pertama kita buat bulatan sebesar bola Tennis..
setelah bulet dibolongin tengahnya..sebelumnya kita taruh telor utuh di mangkok(dipisahin dulu antara kuning dan putih bagus juga).

Setelah dibuat bulatan dan dibolongi taruh kuningnya disana pertama..
setelah itu baru kita masukin putihnya...putihnya jgn dimasukin semua klo dia tdk cukup di kepalan tadi..isinya hrs dibawah 1cm biar mudah pas nutupnya..jgn lupa sebelumnya siapin air yang mendidih..langsung deh masukin keair tadi...
kalo untuk pempek telor kecil per
3 telor kamu kasih 2 sdm terigu..ntar hasilnya gak terlalu sulit diisikan

Untuk kapal selam kecil
Ambil adonan sebesar bola pimpong,pipihkan lal
u isi dengan  sesuai selera kita,saya sich kadang pake udang Rebon,kates dan kentang lalu rekatkan satu sama lain.
Untuk Lenjer kecil
Ambil adonan sebesar bola pimpong lalu pulung memanjang
Lihat Hasilnya
 


Terakhir setelah semua adonan selesai,rebus dengan air mendidih hingga terapung ,angkat.Mpek-mpek siap di goreng atau dibuat Lenggang.Terserah Anda...!!!!
Hasilnya setelah di Rebus
Catatan :
Empek-empek yang baru direbus,diusahain jangan saling bertindindihan atau pisahkan satu dengan yang lain,karna jika di tumpuk selagi panas,akan mengakibatkan empek-empek saling lengket antara satu dengan yang lain.
Tips :
Bila perlu dan Mau,beri taburan sedikit tepung Tapioca,untuk menghindari empek-empek saling menempel.

Bahan Cuko :
 
50 gr asam jawa
200 gula mmerah sisir
1 liter air
Garam secukupnya

Blender :
7 bh Cabe rawit
10 siung b.Putih

30 gr udah kering /ebi
Caranya :
Rebus asam jawa ,gula merah bersama 1 liter air,setelah mendidih saring.lalu rebus lagi sampai mendidih masukkan bahan yang sudah dihaluskan tunggu sampai mendidih angkat,cicipi rasanya,Asam,pedas dan Manis.

Selamat Mencoba....!!!

Friday, August 10, 2012

Roti Sosis Gulung

Description:
Bingung mau menyajikan sarapan pagi buat Keluarga,karna biasanya ngga jauh-jauh dari Roti Tawar yang dikasih selai macam-macam,kalo ngga Croisant yang dikasih coklat dan di taburi keju parut diatasnya.

Pagi ini sedikit sedikit special sarapannya,hhahaha...
*norak.com*,baru gini aja udah special.D
Abis kadang nyiapin sarapan buat Keluarga suka buru-buru dan yang penting perut ada isi aja,nahhh hari ini Tasya dan Papanya libur,maka bisalah nyiapin Sarapan yang agak lama menyiapkannya,inilah hasilnya..

Ingredients:
5 buah Sosis,potong dua
10 biji Roti tawar buang pinggirnya
1 buah telor
Susu cair 100 ml
Tepung panir secukupnya atau pinggiran roti itu aja dioven dan hancurkan,irittttttttttt bow..
Minyak secukupnya untuk menggoreng


Directions:
Campur Telor dan susu,aduk hingga tercampur rata.
Lalu celupkan roti kedalam susu dan telor tadi,jangan terlalu basah,angkat dan rentangkan,isi dengan sosis tadi lalu pulung dan gulungkan kedalam tepung Panir,Goreng di minyak panas,angkat jika sudah kecoklatan,sajikan dengan saos jika suka.

Dadar Telor isi..

Description:
Nahh Resep satu ini,cocok dech buat kita yang punya Hubby dan Anak yang masih Sekolah atau kita sendiri yang suka bawa Bontot alias makanan utama dari Rumah buat makan siang.
Selain bikinnya ngga susah dan simple juga cara makannya dan yang penting Anak-anak menyukainya.

Maklum Krucils ku,dua-duanya kurang suka makan,jadi kalo ngga diakal-akalin gini bikin menu buat mereka,wahhh..bisa-bisa mereka ngga akan pernah makan nasi.
Dengan cara begini,sukur dech mereka mau dan lumayan buat selingan menu mereka di List seminggu.

Penyajiannya juga cukup dengan Udang goreng atau Ayam Goreng buat anak-anak dan buat kita yang Gede bisa di tambah Kering Teri Tempe atau Sambel di dalam gulungan Dadar dan Nasi.


Ingredients:
Dadar Telor secukupnya (taukan semua cara bikinnya)

Pelengkap :
Nasi Putih Secukupnya beri sedikit garam
Udang Goreng
Kering Tempe atau Sambel
ayam Goreng
Pokoknya terserah aja dah ya..




Directions:
Rentangkan Dadar Telor dipiring saji,isi dengan nasi..
jika suka pedas tambah sambel di tengahnya,pulung seperti menggulung dadar Gulung,Potong sesuai selera,siap disajikan.

Terong bumbu iris

Description:
Kalo Punya Terong dan slalu kesusahan alias mati ide buat ngolahnya,lauk satu ini Patut di coba,pokoknye menjanjikan dech bagi yang suka Terong dan bikinnya juga ngga susah alias gampang,aku yakin semuanya pasti bisa dan ngga bakal gagal.D

Ingredients:
3 buah Terong Ungu,ukuran sedang
Rebon / Ebi / Ikan teri secukupnya
7 buah cabe rawit,iris serong
2 buah bawang putih ,iris tipis
3 buah bawang merah,iris tipis
1/2 buah bawang bombay,ukuran kecil,iris tipis
2 sdm kecap manis
Garam kalo kurang Asin (Ebi biasanya sudah Asin)
Minyak secukupnya


Directions:
Iris tipis serong Terong,lalu rendam sebentar dengan air garam,tiriskan.
Goreng dengan minyak hingga kecoklatan,angkat dan tiriskan.
Sisakan 2 sdm minyak,tumis bawang merah,putih dan bombay hingga harum, masukkan cabe,aduk hingga rata,tambahkan Ebi aduk-aduk hingga ebi tercampur rata dg bumbu,terakhir masukkan kecap dan Terong,aduk hingga rata,angkat dan siap sajikan.

Pepes Tahu Teri Pedas

Baca judulnya pasti udah kebayang kenikmatannya,tapi buat yang suka Tahu,Teri,Pedas dan dimasak berbungkus Daun ini.

Lauk satu ini selain menambah selera makan,terus kitanya juga ngga perlu lauk macam-macam lagi,karna didalamnya sudah cukup ada semua.

Aku bikin Pepes ini,sama sekali ngga terpikir...
Karna tujuan pertama menggiling Bumbu untuk suatu masakan,banyak banget tersisa dan mau dibuang sayang,ya sutralah aku coba-coba haluskan Tahu yang ada di kulkas dan tak tambah Ikan Teri serta sedikit sayuran,ternyata ngga rugi benar dech Resep Ngawurku satu ini.

Kalo ngga percaya,cobain dech..
Dijamin ketagihan,met mencoba....


Ingredients:
250 Gr Tahu Putih
1 Buah Telor
15 gr Ikan Teri
1 batang daun bawang,potong-potong
Sayuran hijau sesuai selera (Daun Singkong) aku pake (Daun Kale)
3 buah Cherry Tomato,belah empat
Daun kemangi,kalo mau
3 buah daun jeruk Purut,cincang halus
Garam Secukupnya
1/2 sdm gula pasir
4 Sdm santan cream

Haluskan :
7 buah cabe Rawit
3 buah Kemiri
3 siung bawang putih
3 siung bawang merah

Pelengkap :
Daun pisang


Directions:
Campur semua bahan dengan Bumbu halus,aduk hingga menyatu dan bumbu merata dengan Tahu,lalu bungkus dengan daun Pisang,sesuai selera dah bentuknya,kukus selama 30 menit,angkat dan sajikan dengan Nasi hangat.

Cenil Tusuk

Description:
Jajanan traditional satu ini ngangenin banget mau menyantapnya,gimana ngga,ngeliat rupanya aja tergiur banget mau nyoelnya,hehehehe...
Akhirnya aku coba dech bikin ndiri,karna memang dari lama kepengen makan ini.

Ini untuk pertama kali aku bikin,karna yang terbayang selama ini dipikiran adalah susah bikinnya,ternyata mudah banget lhoo,ngga nyampe 1 jam selesai dan udah siap dimakan.

Cenil ini kalo dikampungku,biasanya dijual ditusuk..
Tapi setelah aku merantau dan menjadi anak kost,yang aku sering beli dimbah sayur yang lewat tiap pagi adalah panjang-panjang dan dibungkus sama daun,tapi masalah rasa sama aja.
kalo pendapat saya,enakan yang ditusuk,lebih praktis makannya..

NOTE :
Untuk bahan saya tidak pakai ukuran ,melainkan hanya dikira-kira aja.


Ingredients:
Tepung Sagu,Kanji / Tapioca Flour
Pewarna hijau dan merah secukupnya
Air mendidih secukup
Gula halus secukupnya
Kelapa parut segar untuk Taburan,beri sedikit Garam




Directions:
Tarok Tepung sagu di baskom,lalu siram dengan air mendidih secukupnya atau sekalisnya adonan Tepung bisa di bentuk,lalu bagi menjadi tiga bagian.
setiap bagian beri pewarna hijau,merah dan biarkan putih,lalu bentuk sesuai selera,bulatkan atau pipih tipiskan di nampan lalu potong memanjang.

Setelah selesai,masukkan kedalam rebusan air mendidih,angkat jika sudah mengapung,lalu gulingkan ke kelapa parut dan beri taburan gula halus secukupnya,sajikan.


Sambel Tempe ala Sunda

Description:
Baca Judulnya bingung ya,kok pake Sundaku segala,Soalnya ini versiku,hehhehe..
ntar aku bilang Sunda benaran,ternyata Resep yang benarnya ngga gene alias Orang Sunda asli marah,DDD

Aku bikin ini ngiler liat Resepnya Yola kira-kira 1.5 bln yang lalu..
mau langsung bikin waktu itu dan tanya Resep ke Yola,lahhh ternyata aku ngga punya terasi dan yang sekarang ini juga ngga punya Tomat dan kemangi,tapi yo wiss lah nunggu komplit ngga tau kapan.
Akhirnya bikin aja ala Dapurku,menyesuaikan bahan yang ada..
Pokoknya yang penting rasanya aja dech,uenakk..

Makasih ya Yola,Resepnya..
ntar kalo bahan gw Komplit gw Contek abis dah Resepnya,kalo mau lihat Resep aslinya silahkan lihat DISINI,karna ini sudah benar-benar Modificaton Dapurku dan asli hasil Tulis tanganku serta Resep mengira-ngira Rasanya.


Ingredients:
400 gr Tempe,potong dadu ukuran besar
10 buah cabe campur
1/ sdm Terasi
2 siung bawang Putih
2 siung bawang merah
Garam Secukupnya
Gula secukupnya




Directions:
Goreng Tempe hingga kecoklatan,angkat dan tiriskan..
Lalu Goreng cabe,bawang merah,putih dan terasi hingga cabe layu,angkat.
Kemudian tarok dicobek,giling kasar bersama garam dan gula,lalu masukkan Tempe dan penyet-penyet kasar,sajikan dengan nasi angat.

Ayam Bakar Madu


Description:
Musim dingin gini kok kepengennya makan Bakar-bakaran,sebenarnya kalo ngga ngikutin kata hati ngga akan mungkin dech aku masak Bakaran begini.
Tapi demi ngikutin keinginan,akhirnya bikin dech Ayam Bakar Madu ini.

Walaupun setelahnya semua ruangan bau,maklum Winter jadi Jendela jarang dibuka,mana aku Bakarnya pakai Oven didalam rumah dan bakar Terasi pula,duhh..sedap dan gimana gitu bau apartementku,tapi sak bodoh achh yang penting hari ini aku makan Uenak,hehehhee....
Apalagi ada Terong bakar,muantafff...

Ayam Bakar madu ku ini asli simple banget Bumbunya,dijamin uenak dan gampang lagi..


Ingredients:
1 1/2 kg ayam,bagian mana aja
1 buah jeruk lemon,ambil airnya
1 sdt merica bubuk
Garam secukupnya
4 sdm madu
1 sdm gula jawa
50 ml santan sedang
1 sdm minyak

Haluskan :
6 buah Kemiri
7 siung bawang merah
5 siung bawang putih
2 buah cabe



Directions:
Rendam ayam bersama air jeruk lemon,Merica dan garam,selama 30 menit atau lebih.Sambil menunggu ayam yang direndam,giling bumbu halus.
Kemudian panaskan minyak,tumis bumbu halus aduk hingga harum,tambahkan ayam aduk hingga merata dengan bumbu,lalu masukkan madu dan Gula jawa,aduk rata.
Terakhir masukkan santan,biarkan hingga ayam matang dan kuah mengering,angkat dan bakar dalam Oven hingga kecoklatan.
Sajikan dengan pelengkapnya.

Lotek

Description:
Lotek,pertama aku tau Nama makanan ini asli kebayang gimana bentuknya dan membayangkan saja bentuk dan rupanya,hehhehehe...
Jujur lum pernah aku Makan Lotek ini seumur hidup ku,karna yang aku tau Makanan yang bersaos kacang Itu hanya Gado-Gado,Pecel,Karedok dan siomay.

ehh..ternyata ada juga yang bersaos kacang dan rupanya ternyata ngga jauh beda sama Pecel dan Karedok,ngga tau bedanya dimana ini makanan sama sebangsanya itu,hanya yang bisa aku simpulkan mungkin karna ini Pakai Terasi kali ye.DD

Resep Lotek ini hasil ngeGoogle dan nemulah Resepnya Mbak Herti ,tapi buat kami kurang sesuai dengan Lidah Rasanya,dan sepertinya masih enakan Pecel dech..


Ingredients:
Kacang panjang,potong-potong
Kangkung atau Sayuran Hijau,potong-potong
Touge secukupnya
Labu siam, potong-potong

Bahan Bumbu Kacang Yang aku Pakai :
200 gram kacang Tanah Goreng
5 buah cabe rawit rebus
5 siung bawang Putih rebus
3 Sdm gula merah sisir
1/2 sdm terasi matang
25 ml air asam jawa
100 ml air hangat
Garam Secukupnya

Pelengkap :
Bawang goreng
Kerupuk
Mentimun




Directions:
Kukus sayuran hingga matang atau setengah matang,pokoknya sesuai selera,tiriskan.

Untuk Bumbu Kacang :
Haluskan semua Bahan,kecuali Air asam jawa,setelah halus masukan air asam jawa dan air,aduk rata.

Penyelesaian :
Tata Sayuran dipiring saji,beri Bumbu kacang,Kerupuk dan taburan Bawang Goreng,sajikan dengan Nasi atau Lontong,sesuai selera kita.

Note : Untuk Bumbu Kacang,cicipin dan sesuaikan dengan selera lidah rasanya.




Mie Celor palembang

Description:
Sekali ini Dapurku menyajikan Masakan Khas Palembang,walaupun untuk Versi semua orang berbeda cara menyajikannya,pembuatannya dan mungkin juga bahannya,karna kalo menurut saya kelezatan masakan itu kunci utamanya ada pada Selera lidah Orang yang menyajikan dan bagai mana Perasaan sa'at pembuatannya..

Tapi buat kami Sekeluarga beginilah Mie Celor yang Lumayan enak di santap dikala Lapar,Dingin dan mati ide ngga ada lauk,sementara kepengen makanan yang Cepat saji dan hasilnya juga ngga mengecewakan..
Buat Santannya aku sengaja ngga banyak pake,karna kalo terlalu banyak kadang malek dan Telornya juga aku ngga pakai Rebus karna memang bikinnya yang praktis,jadi dimasukin aja tatkala air kuahnya mendidih.

Buat yang penasaran dicobain dech,sedappp...
kalo punya anak Kecil,mungkin sebaiknya pakai sambel terpisah atau Irisan cabe Terpisah.



Ingredients:
25 Udang ukuran sedang tampa kulit
Bakso ikan,jika mau
3 buah Telor atau Telor rebus
50 ml santan sedang,kalo suka kental santannya bisa ditambah
800 ml air atau sesuai selera mau banyaknya kuah
Garam secukupnya
1/2 sdm Gula pasir

Haluskan :
4 siung bawang merah
3 siung bawang putih
15 butir merica
2 sdm Ebi kering,seduh air panas dulu biar ngga susah ngalusinnya

Pelengkap :
250 gr Mie telur,rebus dengan air mendidih
Kol dan Touge
Daun bawang,iris halus
Daun Seledri,iris halus
Potongan cabe rawit sesuai selera




Directions:
Pansakan 2 sdm minyak,Tumis bumbu halus hingga harum,lalu masukkan Udang,Bakso ikan,Santan dan air.
Biarkan mendidih,lalu masukkan Telor biarkan hingga telor matang.
Kemudian masukkan semua pelengkapnya atau biarkan terpisah,angkat dan sajikan selagi hangat.

NOTE : jika penyajian Mie Celor ini buat Party atau masih lama menyantapnya,lebih baik sajikan kuah dan Bahan secara terpisah,seperti penyajian Soto atau Bakso.

Pisang Goreng Keju siram Coklat

Description:
Dingin-dingin gini enak banget makan Cemilan Satu ini,apalagi makannya selagi hangat dan di temani segelas Teh hangat.
Hmmm....uenakkk dan Mantafff....!!!

Ini Sebenarnya Pisgor Biasa,cuman bedanya yang ini setelah di goreng dikasih Taburan keju Parut dan disiram dengan Coklat,jadi makin mantaff dech Rasanya,semua pasti menyukainya..
Met mencoba...


Ingredients:
4 buah Pisang Tanduk matang,Potong 3 bagian & belah membentuk kipas
50 gr Tepung Terigu
1 buah Telor
1 sdt Baking soda
Air matang Secukupnya
1/2 sdt Garam
Minyak untuk menggoreng secukupnya

Pelengkap :
Keju parut secukupnya
Coklat lelehkan dengan Mentega dengan api kecil




Directions:
Campur semua bahan,kecuali Minyak dan Pisang,aduk hingga rata dan sedikit mengental adonan Tepungnya.
Panaskan minyak,Lalu celupkan Pisang didalam Adonan tepung,masukkan kedalam minyak panas,angkat jika sudah matang dan kecoklatan.

Penyelesaian :
Ambil satu buah Pisgor,beri taburan keju diatasnya dan siram dengan Coklat.

Nasi Campur ala Mama THD

Description:
Kalo bosan makan Nasi biasa atau Nasi Goreng,Nasi Campurku satu ini boleh dicoba,selain kaya serat dan semuanya sudah lengkap tinggal santap alias ngga perlu lagi lauk macam-macam,dan si Kecilpun suka menyantappnya..

Buat kita yang Besar,cukup hanya menambahkan pelengkap Sambel jika suka Pedas,lalapan dan Kerupuk..
met mencoba..


Ingredients:
3 Cup beras,cuci bersih dan tiriskan
Santan sedang,ukuran sesuaikan dengan Beras yang dimasak
1/2 sdm merica bubuk
1 batang serai,memarkan
3 siung bawang merah,cincang halus
4 siung bawang putih cincang halus
Paprika merah,hijau dan kuning,potong dadu kecil
Terong ungu Potong dadu kecil
Buncis,potong kecil
Seafood (Udang,scallop dan Cumi)
Garam secukupnya




Directions:
Campur semua Bahan,aduk hingga rata,masak hingga matang atau pakai Rice Cooker,aku masak ini pakai Rice Cooker.
Angkat jika sudah matang dan aduk rata,sajikan dengan Pelengkapnya.

Sambel Goreng Hati

Description:
Ini menu yang slalu nagih kalo lagi Badan keadaan begini,ngga tau kenapa..
Pokoknya seingatku,kalo badan begini pasti kepengen makan Lauk yang satu ini,kayaknya gimana gituh,hehhehe...

Kepengennya sih pakai Hati ayam,berhubung hati ayam disini aku liat jualnya kayak hancur gitu,jadi ngga selera dah mau makannya.
sangking kepengennya,ya sutralah pakai hati Sapi,ngga nyalahin juga rasanya dan tetap sedap,apa karna ada Pete ya,hahhaha...

kalo yang ngga suka pete,ngga pake ngga apa-apa,ntar petenya kasih ke gw.D


Ingredients:
500 gr Hati sapi,rebus lalu potong dadu
petai sesuai selera banyaknya
50 gr Capri
4 buah kentang ukuran Besar,potong dadu,goreng hingga kering
1 buah Lengkuas kering
2 lbr daun salam
5 lbr daun jeruk
300 ml santan kental
25 ml air asam jawa
Garam Secukupnya
2 sdm gula jawa
Minyak secukupnya

Haluskan :
7 siung bawang putih
5 siung bawang merah
4 buah kemiri
7 biji cabe merah




Directions:
Goreng Hati hingga kecoklatan,angkat dan tiriskan,sisakan sedikit minyak,Tumis bumbu halus hingga harum,kemudian masukkan lengkuas,daun salam,daun jeruk,air asam jawa,garam dan gula jawa,aduk rata.
Lalu masukkan hati dan santan,biarkan santan sedikit mengering.
Terakhir masukkan Capri dan kentang,aduk rata dan biarkan santan kering,angkat dan siap disajikan.

Pergedel Udang

Description:
Ngga taulah mau apa nih namanya,yang penting habis dan kata keluarga enak..
Apalagi ada Soasnya,kalo bosan pake saos juga dimakan sama cuko Empek-empek,hmmm lekker....

Sebenarnya Aku mau bikin Bakwan Udang,berhubung Bahan-bahan untuk Bakwan Udang ini kurang alias belum komplit,akhirnya dibikin Pergedel Udang aja dech ala Dapurku yang mana bahannya simple tapi lumayan enak dijadiin cemilan dan sekaligus buat lauk pendamping menu utama..


Ingredients:
100 gr Tepung Terigu
150 gr Udang sedang tampa kulit
1 buah Telor
3 siung bawang merah,haluskan
1/2 sdt baking Powder
1/2 sdt Kunyit bubuk
1/2 sdt merica bubuk
2 batang daun bawang,cincang halus
Daun Seledri secukupnya,cincang halus
Air secukupnya
Garam secukupnya
Minyak secukupnya

Untuk Saos :
2 sdm Saos Pedas
3 Sdm Saos Tomat
1/2 sdm bawang putih Bubuk
Gula secukupnnya,pokoknya cicip rasanya Asem,manis dan sedikit pedas
2 Sdm Tepung maizena,larutkan dg 50 ml air
100 ml air




Directions:
Campur semua bahan,aduk hingga tercampur rata dan Adonan bisa diGoreng seperti adonan bikin Bakwan,Goreng dengan Minyak panas..
Angkat jika sudah Kecoklatan,sajikan dengan Saos atau Cuko Empek-empek.

Untuk Saos :
Campur semua bahan,kecuali tepung maizena..
biarkan mendidih,setelah mendidih,masukkan Tepung maizena,angkat dan siap disajikan..

Sate Manis

Description:
Bingung mau masak ini Daging buat Dua Krucilku,maklum Mereka berdua susah banget mau makan alias milih-milih.
Sementara Aku dan suami sudah ada menu,akhirnya kepikiran kalo dibikin Sate manis versi dapurku,Bumbunya ngga banyak, bikinnya juga gampang dan anak-anak juga suka makannya.

Met mencoba..


Ingredients:
500 gr daging sapi,Potong dadu ukuran sedang
Tusuk Sate secukupnya
Garam Secukupnya
100 ml santan sedang
1 buah Telor
50 Gr gula jawa

Haluskan :
5 siung bawang Putih
2 buah kemiri
1/2 sdm Kerumbar bubuk




Directions:
Panaskan Minyak,Tumis bumbu halus hingga harum,kemudian masukkan Daging,aduk hingga bumbu merata.
Tambah santan,bila perlu beri lagi sedikit air agar Daging benar-benar Empuk dan matang,lalu masukkan Telor dan aduk rata,tunggu sampai kuahnya kering dan mengental,angkat dan Tusuk dengan tusuk sate.

Sebelum di bakar atau oven,ambil sisa Kuah atau bumbunya beri Kecap manis,ambil setiap Tusuk sate beri Bumbu,Oven atau Bakar hingga kecoklatan,kurang lebih 25 menit.
Sajikan dengan diberi taburan daun Bawang goreng.

NOTE : Telor Fungsinya sebagai pengental bumbunya aja,kalo ngga mau pake ngga apa-apa.

Puding Mangga

Description:
Siapa yang ngga suka Pudding,apalagi kalo Bahannya dari Buahan Segar..
Pasti suka dech ya.

Nahh ceritanya aku bikin ini karna keingat aja waktu Kawinan salah satu Anak Staff lokal Kedutaan bulan Kemaren di Kedutaan,sebenarnya bukan Pudding mangga seh,tapi Pudding pandan gitu..
Waktu itu ngga sempat makan itu Pudding,karna benar kayaknya kenyang aja liat makanan,lagian juga menunya juga sama aja seperti yang kita makan di Rumah..
Jadi sepertinya ngga ada yg istimewa dah buatku.

Tapi begitu nyampe dirumah,kok kepikir aja itu puding,Dasar ya Wanita yang lagi Geneeeeee..
Ya sutralah tampa pikir panjang lagi langsung bikin dah aku,mana di rumah lagi ada satu Box mangga,manis lagi..

Akhirnya jadi dan makan juga dech aku Pudding,hehhehe..
walaupun hasilnya ngga cantik ya,soalnya bikinnya di tinggal-tinggal,jadi mendidih dan susunya pecah gitu dech kayaknya,makanya ada keliatan butiran gitu di Puddingnya,tapi masalah rasa mah tetap enak,segarrrrrrrr..

Ingredients:
1 Buah Mangga manis,kupas dan blender
1 Bungkus agar warna putih
1/2 kaleng SKM
700 ml air atau sesuai selera mau kerasnya itu pudding
Gula secukkupnya atau sesuai selera manisnya


Directions:
Campur semua bahan,aduk hingga tercampur rata dan tidak ada butiran lagi.
Lalu masak dengan api sedang hingga mendidih,jangan lupa aduk terus agar menghasilkan Pudding yang cantik dan tidak berbutir.
Kemudian angkat dan dinginkan.

NOTE : Buat yang bingung mau bikin MFM2,Pudding gini bisa nih dicoba,tapi mangganya di ganti sama Blueberry atau pewarna ungu.

Nangka Manis Goreng

Description:
Ceritanya sekali jalan dapat dah dua oleh-oleh,hehhehe...
Gimana ngga,pas bikin Pisgor ,kok tiba-tiba keingat Cemilan yang suka Ibu bikin kalo pas lagi banyak Nangka manis.

Nahh..pas juga kebetulan di rumah ada beberapa Kaleng Stok Nangka Manis,akhirnya bikin dah aku,Kalo ditanya masalah rasa,jangan tanya dech pokoknya uenak..


 
Ingredients:
Nangka Manis secukupnya
50 gr Tepung Terigu
1 buah Telor
1 sdt Baking soda
Air matang Secukupnya
1/2 sdt Garam
Minyak Untuk menggoreng


Directions:
Campur semua bahan,kecuali Nangka manis dan Minyak,kemudian Panaskan minyak,celupkan Nangka manis keadonan Tepung,lalu masukkan kedalam minyak Panas,angkat jika sudah kecoklatan.

Vege Chicken Soup

Description:
Ini adalah Resep Vegetable Chicken Soup ala ke barat-baratan,hehhehehe...
Gimana ngga,wong orang Asia makannya sama Nasi dan buat Lunch atau Dinner,tapi lain lagi kalo di Canada,Orang sini makannya buat Breakfast atau Brunch yang di temani Roti sebagai pendampingnya,jauh beda banget ya lidah orang Indo dengan Orang Canada.D

Sebenarnya Soup ini hanya Ayam,pasta dan sedikit Wortel,berhubung yang mau makan Kami Sekeluarga maka aku Tambahin agak banyak Sayurannya.

Soup ini aku bikin karna buat di Setor ke FF yang berTema Food,karna temanya masalah Makanan Khas dari Negara tempat tinggal kita,bingung-bingung mau bikin apa,ya sutralah bikin ini aja yang gampang dan pasti kami sekeluarga makan,walaupun bukan buat sarapan saja melainkan buat Makan siang dan malam juga.


Ingredients:
250 gr Dada ayam tampa tulang,potong Dadu,aku suwir aja
Wortel potong Dadu kecil
1/2 buah Bawang Bombay,potong dadu kecil
Pasta / Makroni
1/2 buah Tomato Ukuran sedang,potong dadu
Sayuran sesuka kita (Tambahan saya)
Daun seleri,cincang halus
1 sdt Merica bubuk
1/2 sdm Bawang Putih bubuk
Garam
White vinegar (ngga pake)
Basil (ngga Pake)
Parsley Ngga Pake)
Parmesan cheese (ngga Pake)


Directions:
Rebus Ayam dengan 1 liter Air Hingga mendidih,lalu masukkan Wortel,Sayuran,Bawang Bombay,Bawang putih bubuk,merica dan garam.
Terakhir masukkan Pasta,biarkan hingga Pasta mengembang dan tambahkan Seleri dan irisan Tomat,cicip rasanya,jika sudah pas angkat dan sajikan dengan di temani Roti.