WELCOME TO OUR LITTLE KITCHEN....

Hi Friends...
Feel free to try my all Recipes from our Kitchen,just go to another site,Multiply "Me,My Family and Our Life Story".
If you have any problem or question,just send me Personal Message or Email..I will be happy to Reply and Answer your Question..

All the foods here the results of my small kitchen or homemade by Me ...
For the cake or Cookies, this is the first time I've made, the results did not disappoint, crisp and very tender..Alhamdulillah...And it's not difficult, believe me ...

I have three small children still need attention, can make it...which is important to try But,if you will share my Recipes to any body..

Please put my Name or link original Recipes.
Thanks and Happy cooking


********************************************************************************************************************************************************************************************************
********************************************************************************************************************************************************************************************************

SALAM KENAL DARI KAMI ...
Silahkan mampir dan silahkan di lihat-lihat Resep dari dapur kami,jika tidak menemukan Resep terbaru disini,silahkan lihat di Blog kami yang satu lagi
"Me,My Family and Our Life Story".
Smoga isi Blog ini bermamfa'at buat Semuanya dan Isi yang ada disini Tidak untuk di perjual belikan,apalagi ada yang memamfa'atkan dengan seenak jidad tampa memikirkan karya orang lain dan mau mengambil jalan pintas dengan meng Copy Paste Resep dan Gambarnya untuk di Bukukan dan dijual di Pasaran.

Jika Kalian menggunakan Resep yang ada disini,Tolong cantumkan Sumber Asalnya...
Karna Terus Terang Resep yang ada disini kebanyakan Resep Asal yang menyesuaikan selera lidah Keluarga dan resep dari turun temurun dari Keluarga,walaupun ada Resep hasil ngegoogle atau Nyontek punya orang lain,itupun sudah di Modification sesuai Selera cita Rasa lidah Yeni Murty's family.

Jadi...
Buat yang penggemar
MALING GAMBAR,Tolong izin terlebih dahulu dengan si Pemiliknya,My Email Adress : yenimurty@yahoo.com
Ma'af Aku tulis begitu,karna Sudah terjadi ada yang menyalah gunaan Photo Resepku tampa sepengetahuanku.

Selamat Mencoba,smoga bermamfa'at dan berkesan.
Salam dari kami.
Yeni Murty's Family

COPYRIGHT
ca
Creative Commons License
All Photographs and Original Recipes by Yeni Family's Kitchen is licensed under a Creative Commons Attribution 2.5 Canada License.
Permissions beyond the scope of this license may be available at yenimurty@yahoo.com.

Sunday, November 16, 2008

Sayur dan Buah lebih bahaya dari Formalin

Ceritanya kemaren iseng-iseng Nge Google Gambar Kacang merah untuk Postinganku yang INI / Kacang Merah Goreng Pedas,ehhh..kok malah nyasar nemu Artikel ini yang sangat bermamfa'at dan berguna buat kita,karna mungkin selama ini kita berpikir bahwa Makanan segar itu Aman.

Ternyata itu salah,Menurut Sumber yang saya dapat dan saya Copas ini,Sayur dan Buah itu ternyata lebih berbahaya dari Formalin,Benarkah itu..???
Sumber dan yang Nulis Artikel ini,Saya Copas dari SINI.


bayamBayam

Mengandung asam oksalat yang dapat mengikat kalsium sehingga kalsium tidak dapat dimanfaatkan oleh tubuh dan membentuk kristal yang dapat mengiritasi lambung dan membentuk batu ginjal. Kandungan asam oksalat yang tinggi pada bayam bisa berbahaya pada seseorang sebab hanya dengan 4-5 gram asam oksalat dapat menyebabkan kematian pada orang dewasa.

Gejalanya : gangguan pencernaan ( kram perut dan muntah – muntah ) yang dengan cepat diikuti gangguan peredaran darah, pecahnya pembuluh darah, dan kematian pada kasus berat.

Tips : masak hingga mendidih kemudian buang airnya untuk mengurangi kandungan asam oksalat selain itu jangan mengkonsumsi bayam secara berlebihan


jengkolJengkol

mengandung asam jengkolat, keracunan terjadi jika kita mengkonsumsi jengkol dalam keadaan mentah juga tergantung pada kerentanan seseorang terhadap asam jengkolat.

Gejalanya : gejala pada umumnya timbul dalam waktu 5 – 12 jam setelah makan jengkol dimana terjadi mual, nyeri perut, muntah, dan susah buang air kecil karena tersumbatnya saluran kencing.

Tips : racun jengkol dapat dikurangi dengan perebusan n perendaman dengan air selain itu buang mata pada biji jengkol karena kandungan racun terbesar ada pada bagian ini


kacang merahKacang merah

mengandung fitohemaglutinin yang dapat membuat sel darah merah n darah putih menggumpal jika dikonsumsi secara mentah atau kurang matang.

Gejalanya : mual muntah dan nyeri perut yang diikuti oleh diare. Biasanya gejala keracunan ini akan sembuh setelah tanpa obat setelah 4 – 5 hari.

Tips : pastikan memasak kacang merah hinga benar – benar matang, untuk hasil yang lebih baik rendam kacang merah dalam air bersih selama minimal 5 jam. Buang air rendamannya lalu rebus dalam air bersih sampai mendidih selama 10 menit kemudian diamkan selama 45 – 60 menit sampai teksturnya lembut.


kacang tanahKacang tanah

mengandung aflatoksin yang diproduksi oleh kapang aspergillus flavus dimana banyak terdapat pada kacang dan produk olahannya.

Gejala : mual dan muntah sedangkan efek jangka panjangnya akan menimbulkan kanker hati.

Tips : jangan pilih kacang tanah yang berwarna hitam kehijauan, rasanya pahit, berlubang, keriput, sebagian kulit arinya terkelupas dan berkadar air tinggi. Pemasakan biasa g akan mematikan racundalam kacang tanah sebab aflatoksin baru akan rusak pada suhu 250 C jadi caranya ialah dengan menjemur dahulu kacang tanah yang sudah di kupas selama 6 jam untuk melemahkan 50% racun. Simpan produk olahan kacang dalam kulkas untuk menghambat pertumbuhan kapang tersebut


kentangKentang

Mengandung solanin dan chaconine dari golongan gikoalkoloid dimana banyak pada kentang yang bernoda hijau pada umbinya, bertunas, dan secara fisik telah rusa atau membusuk

Gejala : gejala keracunan biasanya muncul 8 – 12 jam setelah menyantap kentang yang bernoda hijau, berupa rasa terbakar di mulut, sakit perut, mual, muntah, diare, sulit bernafas, gangguan detak jantung dan sakit kepala.

Tips : hindari memilih kentang yang bernoda hijau, rasanya pahit, banyak matanya dan bertunas. Jika terlanjur membeli kentang bernoda hijau, buang noda hijau, lalu rendam kentang dalam larutan air yang telah dicampur garam sebelum diolah ataupun dengan cara menyimpan kentang di tempat yang sejuk, kering dan gelap. Hindari menyimpan kentang di tempat yang terpapar sinar matahari atau cahaya sebab dapat menyebabkan terbentuknya solanin.


rebungRebung

mengandung glikosida sianogenik yang banyak terdapat pada di rebung mentah tanpa perebusan.

Gejala : penyempitan kerongkongan, kesulitan bernafas, mual, muntah, dan sakit kepala.

Tips : buang daun terluar dari rebung kemudian iris tipis lalu di rebus dalam air mendidih dengan menambahkan sedikit garam. Untuk menghindari keracunan minimal direbus selama 10 menit selain itu kadar sianida yang tinggi bisa dihilangkan dengan proses pemasakan selama 2 jam.


seledriSeledri

mengandung psoralen dari golongan kumarin dimana jika dikonsumsi berlebihan akan menimbulkan sensitivitas pada kulit jika terkena sinar matahari.

Gejala : kulit menjadi kering dan mudah terbakar oleh sinar matahari dimana efek jangka panjangnya bisa menyebabkan kanker kulit.

Tips : hindari terlalu banyak mengkonsumsi seledri mentah. Akan lebih aman jika seledri dimasak terlebih dahulu sebelum dikonsumsi sebab psoralen dapat terurai melalui proses pemasakan sehingga menimbulkan keracunan.


singkongSingkong

mengandung linamarin dan lotaustralin dimana racun ini akan bereaksi dengan enxim dalam tubuh kemudian berubah menjadi hidrogen sianida yang sangat beracun. Racun ini banyak terdapat pada singkong yang mentah atau dimasak kurang sempurna dimana singkong yang pahit lebih banyak racunnya daripada yang manis.

Gejala : tiombul beberapa jam setelah makan singkong berupa kesulitan bernafas, mual, muntah, diare, pusing, lemah, kejang, detak jantung g teratur, dan pada kasus berat dapat menyebabkan kematian karena sulit bernafas.

Tips : umbi singkong yang beracun ditandai dengan rasa pahit dan bau langu. Merebus dan merendam air dalam air mengalir dapat mengurangi kadar racun HCN sebab HCN dapat larut didalam air. Selain itu khusus untuk singkong pahit, cuci singkong untuk menghilangkan tanah yang menempel, kupas kulitnya, potong – potong singkong lalu rendam dalam air hangat yang bersih selama beberapa hari. Buang rendaman air cucian sebelum dimasak.


tomat mudaTomat muda

Mengandung atropin dan solanin dari golongan gikoalkoloid dimana banyak terdapat pada tomat muda yang belum matang, rasanya pahit, dan berwarna hijau muda. Racun ini biasanya akan hilang setelah tomat matang dan siap dikonsumsi.

Gejala : perdarahan akut di saluran cerna, letih, sulit bernafas, menggigil, sakit kepala, kelumpuhan bahkan kematian pada kasus yang berat.

Tips : sebaiknya konsumsi tomat setelah matang dimana kandungan solanin akan berubah menjadi solanidin yang efeknya tidak merugikan, namun pada orang yang alergi dapat menyebabkan penyakit atritis. Jangan pernah mengkonsumsi daun dan akar tanaman tomat sebab mengandung solanin dalam kadar yang sangat tinggi dan bersifat mematikan.

NOTE : Hanya Sharing Artikel yang Saya dapat Copas dari Milik orang lain,jadi ini bukan Hasil karya saya yang menulis.

Jika Tertarik dan Bermamfa'at dibaca,jika tidak abaikan..



107 comments:

~ Ñolla ~ Van Latu ~ said...

ja ampun,,,,..yen..kalau ikutin semuanya..mau makan paan ayooo...hahahahahaha

Mira Assjarif said...

Hiks.. Bayam ada di dalam daftar. Itu kan sayur kesukaan Mira :((

~ Ñolla ~ Van Latu ~ said...

Yeni TFS deh.......makasih2...............

Le Karnadinata said...

kacang tanah juga ada.....fav. saya Yen....

Makasih ya Yen

~ Ñolla ~ Van Latu ~ said...

yeni..nape harus takut..kalau emang dah nasib kena penyakit ..mau dibilang paan...yang penting makan...

- Kim said...

thanks for sharing say...

Ranita Rara said...

Makasih sharingnya mba yen,makanannya kebanyakan dikonsumsi kita ya..))

Hylmi Lateef said...

ternyata makanan segarpun banyak juga bahayanya ya mba .... tapi semoga saja kita selalu diberi kesehatan ya ....

citytown triefince said...

thx buat artikelnya ya say...

bintangtary home said...

wah bayem masuk juga ya..
padahal fav ry..
seger kalo dibening..

solusi ya jangan banyak2 makan nya..porsi normal aja..hehe..
abis kadang suka ry gado gitu sayur bayemnya
dimakan tanpa nasi..
apalgi kl bru mateng..hm..anget2

renny pangestu said...

semuanya ...( tidak hanya makanan )... bila berlebihan ... dampaknya memang tidak baik , kalau menurutku sih ... , konsumsi secukupnya saja . selain hemat dan tentunya juga sehat.
Tfs say ... artikel yg bermanfaat banget.

Fitriyah Tamim said...

Memang iya mbak,apalagi wanita hamil tidak boleh walaw setengah matang dan sayuran mentah.TFS...

W Palwono said...

tfs, tfs...
berdoa aja semoga selalu diberi kesehatan, kalau banyk dipantang makan apa atuuhh..

Rosdiana Samuelsson said...

halooooooooooooo cantikkkkkkkkkkkkkk........... aku datang lagi nich setelah sekian lama menghilang........... artikel2nya bagus2 dan bermanfaat sekai say tsf ya sun sayang buat kedua ponakan2ku yang lucu2 n buat dikau mmmmmmuuuuuuuuuuuuaaaaaaaaaaaaaaaahhhhhhhhhhhhh2 kiri kanan deh.

Yenni Hartati Svensson said...

waduh mbak yenni..ternyata apapun yang kita makan itu ternyata ada efeknya yaaa...
thanks banget atas infonya, sangat bermanfaat bangettt

Asri Arsiati said...

TFS mba Yen.. ini bene2 bermanfaat, ada tipsnya jg soalny.. ;)
ibu y baik hati ihhh dirimu...

hitrifirdaus - said...

makasih yeni, tapi kalau lebih berbahaya dari formalin , menurut saya sih gak..............segala sesuatu yg dikonsumsi berlebihan emang pasti ada dampaknya..................:-).Bahkan garam atau gula pun kalau dikonsumsi berlebihan juga kurang baik :-).

hitrifirdaus - said...

yeni sekeluarga pa kabar, nih?

Linn Pauwels said...

artikel bermanfaat... makanya kita gak boleh rakus yaa, masih mentah udah mau dilahap aja.. hahaha.. gitu deh jadinya, keracunan... apalagi itu tuh jengkol, padahal enak banget tuh....

eka ekawidiyati said...

TFS ...mbak yen.
duh.... artikel ini sangat bermanfaat bagi kita....
jadi ngerti meski katanya sayuran itu mengandung vitamin tetapi ada batasan dan aturan konsumsinya.....

eddy JP said...

asalkan mengolahnya bener nggak akan masalah kok :))

Ibu disini, sayang said...

duh makasih bgt ya Infonya
berguna bgt d buat gw say mwaaahhhh

yusy sriwindawati said...

makasih banged infonya yah say....

Lala Tiatong said...

makasih dah sharing mba'... ^^

May Hickman said...

thanks Yen infonya, sangat bermanfaat

Lola P said...

makasih dah sharing;-)))

Sylvia Zahroh said...

wah,,tomat muda,,sering aku jadiin rujak nih mba,,,,
tapi makasih lhoo mba info nya...

Evimeinar Nasution said...

setuju dengan pak dokter di atas.. toh itu semua bahan alamiah kalo formalin khan bahan kimia. Gara2 tugas penulisan business report ttg sustainable agriculture di Indonesia aku nemuin artikel dari salah satu website balai penelitian pertanian Indonesia. Pemberitaan yang cukup mencengangkan tentang buah lengkeng impor yang beredar di pasaran Indonesia. Sebetulnya, sewaktu di Indonesia, aku termasuk anti makan apel impor krn zat pelapis lilin yg dipk bukan dr dr fruit based coatings.

Kembali soal lengkeng, hasil identifikasi Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pascapanen Pertanian terhadap buah lengkeng impor di daerah bogor dan Jakarta yang disampling secara acak pada pasar tradisional dan supermarket dihasilkan, bahwa lengkeng impor teridentifikasi mengandung formalin. Formalin, larutan tidak berwarna dengan aroma menyengat merupakan larutan 37% (10%-40%) dari formaldehida (metanal), berbentuk gas-H2CO.

Silahkan baca lengkapnya di http://pascapanen.litbang.deptan.go.id/?pag=berita&id=43

yani bishop said...

TFS Yeni...bermanfaat sekali informasinya...

D J said...

wah ternyata... tfs ya mbak..

Sri Fon said...

TFS atas infonya. Kalau makannya ngga berlebihan dan benar memasaknya, kita bisa menghindari resiko tersebut kan?

sri winarni said...

waduuuuhhhh ternyata tuch bayam ngak seperti yg saya kira. Makasih buat artikel yg bermanfaat ini yach jeng

lenny marlina said...

thanks for sharing...

mayang kalyoncu said...

baru tau juga yaa.. makasih mba yeni

Lina W said...

wah....gimana dong..?

Romanya Romanya said...

hehehe...jadi kudu hati2 makan jangan berlebihan dan dimasak dulu yach...:) thanks Yen!

Fee 70 said...

Wuaduch...musti extra hati2 nech klo beli2 sayuran2 di atas..TFS..

Regina B said...

semuanya kalo kebanyakan pasti gak bagus, yen.

kandungan yg berbahaya itu sebagian besar bisa dihilangkan dgn panas (melalui proses masak) dan harus benar2 matang supaya bahan tsb jadi tidak dlm bentuk aktif/beracun. proses pemanasan tsb bisa merubah bentuk kimianya. contohnya sianida di singkong, makanya singkong mentah gak bagus buat dimakan :D aflatoksin baru ada kalau ada jamurnya di kacang dan sudah berkembang biak.

si penulis artikel nulisnya si tumbuhan ini mengandung ini tapi gak dijelaskan kenapa. cuma ngasih tipsnya aja pilih ini, jangan pilih itu.

kadang susahnya informasi yang ada di internet itu suka ditulis sepenggal2 oleh orang yg gak ahlinya. ceritanya gak menyeluruh dan akhirnya bikin kacau aja. kalau nemu info2 spt ini, mendingan kros cek dgn artikel lainnya :D



Yeni Yulinda said...

emberrr,puasa say,hahhahaha...

Yeni Yulinda said...

iya say termasuk tuh,tapi kalo makannya ngga banyak..
kali ngga juga say.

Fatimah Alzahra salsabilla said...

artikel sangat bermanfaat tfs ya cantik:)

Yeni Yulinda said...

sama-sama mbak,cuman melanjutkan artikel..
siapa taukan pengen tau dan mau tahu.

Yeni Yulinda said...

iya teh termasuk,kalo ngga banyak dan berlebihan kali ngga papa teh.D

Yeni Yulinda said...

benar tuh mba,kalo dipikir kalo mau sakit ye sakit aje ya..

Yeni Yulinda said...

sama-sama darling..

Yeni Yulinda said...

sama-sama ra,iya say makana banyak di konsumsi oleh manusia sehari2 tuh.

Yeni Yulinda said...

aamiin,iya say ternyata yg segar juga berbahaya.

Yeni Yulinda said...

sama-sama say.

Yeni Yulinda said...

emberr,bayam enak banget ya kalo baru mateng...
apalagi ditumis pedas kasih ikan tery ry,mantaff..

Yeni Yulinda said...

sippp,secukupnya dan jangan lebih dan juga jangan kurang ya say..

Yeni Yulinda said...

yupp benar banget..

Yeni Yulinda said...

aamiin,yuk do'a sellau biar sehat terus..

Yeni Yulinda said...

makasih kak diana,apakabarnya nih..
lama menghilang dariku kan,tapi ngga dari Multiply,hehhehe..

Yeni Yulinda said...

sama-sama yen..

Yeni Yulinda said...

sama-sama say..

Yeni Yulinda said...

benar banget say,kali tergantung banyaknya yg dimakan ya..

Yeni Yulinda said...

alhamdulillah baik,gimana khabar kalian..
lama menghilang kemana nih.

iin paramita said...

TFs jeng...

Ike Hermawan said...

baru tau ada asam jengkolat...:)
tfs ya say...

dina sudjana said...

TFS.. wah nambah elmu niih

lia Rusdianto said...

waduh jadi binun mau makan apa ya? mending puasa aja kali yaaa hehehehehehe

Lenny Adziman said...

makasih mba Yeni.. bermanfaat banget infonya.. bayam padahal kesukaan kta nih..

Dian Rachma said...

tfs..........yang no. 1 bayam ya.........kalo ngga salah kangkung juga sama kayak bayam ini pengolahannya.........

Caroline Atmadja said...

Kayaknya asal ngga berlebihan ya ngga papa Yen. Yang bayam juga gitu dengar2 makanya bayi baru boleh makan setelah umur 9 bulan. TFS ya Yen

ida putra said...

intinya semua bahan makanan harus dimasak bener2 ya......
makasih sharingya :))

hen ong said...

" lengkeng impor teridentifikasi mengandung formalin." ...
huhuhu ... mba Yen ... buah kesukaan aku tuh ... gimana donk ...
btw tfs tuk infonya ya ... huhuhu ....

nazla luthfiah said...

wuih, serem juga ya!

Mamat Rahmat said...

buset dah,.... berat uey... tapi kadang gak kerasa ya....

afriani rizal said...

tfs ya say... sangat bermanfaat.. kebanyakan yg di konsumsi mentah ya yg bs menyebabkan penyakit.

dona maiyerti said...

TFS ya MBak
yeni.. baru tahu ternyata bahan-bahan di sekitar kita mengandung racun jika diolah kurang tepat..

evida kartini said...

buat gw yang alami itu tetap yang terbaik daripada yang kimiawi :-)
ayo Yen makan bayem.... anak gw suka banget tuh :-)

Hastuti Kusindriani Kurniadi said...

Thanks infonya, aku sih setuju sama Regina, gak usah terlalu kuatir sama bahan makanan yang kita olah, selama gak berlebihan dan diolah/dimasak dengan benar Insya Allah aman…hidup makan enak…

nora n.s. said...

terimakasih atas info ini...semoga kita semua dijauhi dari bahaya mengkonsumsi barang2 yg mengandungi bahan2 yg membahayakan tubuh ya Yeni.

Mama Naadhira said...

wow............
aq ga nyangka kalo bayam dan kacang tanah juga masuk dalam daftar ya.....

aq jadi serba salah neh mbak....
terutama tuk sayur...kalo dimasaknya sampe matang atau kelamaan vitaminnya hilang..
tapi kalo masak sayurnya cuma bentar alias setengah matang agar vitaminnya ga hilang ternyata ada racunnya....
jadi serba salah neh mbak.....

yuke virlianti said...

yang penting enak ngolahnya kaya pasakan Mba yenny..ya ngga Mba... ;)

Alice Poth-Soselisa said...

makasih ya mba yeni info nya..alice doyan banget bayam.. tapi tahun kemarin tuh abis operasi batu ginjal.. jangan2 itu juga ya ..:(

-= de =- said...

TFS Yen...

tapi dibalik bahaya nya sayur, lebih banyak bagus nya lho.. :-)
kalo Jengkol mah... i don't care deh hehehe

Yeni Yulinda said...

iya say,pokoknya yg penting ngga berlebihan ya..

Yeni Yulinda said...

sama-sama mbak eka.

Yeni Yulinda said...

tull mbah..

Yeni Yulinda said...

sama-sama lin,sukur dech kalo berguna.

Yeni Yulinda said...

sama-sama yuk.

Yeni Yulinda said...

sama-sama la.

Yeni Yulinda said...

sama-sama may..

Yeni Yulinda said...

sama-sama.

Yeni Yulinda said...

sama-sama neng.

Yeni Yulinda said...

yupp kita boleh percaya ya pep,tapi betul semua itu tergantung dg cara kita mengolah dan banyaknya yg di konsumsi..

Yeni Yulinda said...

sama-sama say.

Yeni Yulinda said...

sama2 det.

Yeni Yulinda said...

sepertinya begitu mba sri.

Yeni Yulinda said...

sama-sama jeng.

Yeni Yulinda said...

sama-sama len

Yeni Yulinda said...

sama-sama mayang.

Dessy Ojong said...

thanks infonya Yen..

Lely Hasan said...

tfs Yen.....sangat bermanfaat.

rossi pinky said...

makasih infonya Yen,,,

Reni Halida said...

makasih infonya mb yeni, nambah pengetahuan....

Devi adika said...

tfs mba yen..^^..o

Body Language said...

Yeni, thanks banget untuk info yang bermanfaat ini. Untungnya aku ngga gitu doyang sama sayuran dan buah-buahan yang diatas. Semakin pintar manusia semakin banyak aja penyakit yang ditemukan melalui sayur2an dan buah2an..

Leila Niwanda said...

Harus lebih hati-hati ya... terutama cari cara memilih dan mengolahnya yang benar.

'Maya' Poespowigoeno said...

makasih banyak infonya ya Mba...salam kenal...

santi murwandani said...

kalo masak/ngolahnya benar mdh2n jadi bermanfaat utk tubuh kita ya mbak yen...

Lies Adjeng said...

ikut baca ya Mbak....
rupanya sekarang saya sudah diremove dari daftar kontak Mbak ya....hehehe...tak apa sih, saya maklum kok.... saya tak bisa selalu datang setiap kali Mbak posting....
anyway, thanks for sharing...
sangat bermanfaat!

Vina Revi said...

nah, baru ini namanya bener.
kalo ngopas mencantumkan sumber aslinya.
jadi enggak bakal kesandung ...
bukan begitu, Yen?

sabar riyanto said...

kulonuwun.....tadi sudah intip-intip rumahnya
makasih semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kami sekeluarga
salam kenal

Leila Wibowo said...

hi mba lam kenal yach n thanks bgt unt info sayur n buah nya
rgs
leila,bunda naisha n nashwa

hasni aslan said...

salam kenal bundaa..aku ijin copy yaa